SUNAT ADAT ATA MA’U

Seorang menghubungiku menanayakan apakah sunat adat di wilayah pantai selatan masih dilakukan?
Upacara sunat dikenal dengan sitilah ‘nggedho dora’ (keluar dan mengembara). Lelaki dewasa yang belum disunat secara berkelompok tinggal di poondok di kebun dan dilarang masuk kampung sampai seluruh upacara sunat selesai. Selama di kebun, mereka disunat seperti sunat laki-laki umumnya di kalangan Islam. Tetapi kalau orang Islam disunat pada saat anak-anak. Sedangkan sunat adat dilakukan pada laki-laki dewasa.

Tujuan sunat selain sebagai tanda pengakuan kedewasaan juga bertujuan untuk menjaga kebersihan. di Nagekeo upacara sunat adat yang masih terus dijaga adalah di kalangan masyarakat adat Lape. Bagi masyarakat Lape, seorang bersunat memiliki kewibawaan untuk berbicara dalam forum adat. Sunat menjadi sarana pengakuan kedewasaan dan kewibawaan seorang untuk dapat berbicara dalam forum resmi.
Para lelaki dewasa yang ‘gedho dora’ biasa dikenal dari jauh dengan ikat kepala merah. Mereka berusaha menghindari kampung dan juga menghindari para wanita, terutama gadis.  Secara akal sehat dapat dipahami. Karena setelah disunat  dorongan seksual sedikit meningkat dari biasanya. Selama di perkemahan (pondok) mereka mendapat pasokan masyarakat dari masyarakat dan dibantu oleh satu atau dua  pemasak yang tentunya laki-laki.   Pada umumnya pemulihan setelah sunat berjalan sangat lambat, karena orang kampung tidak memiliki obat-obat yang baik.

Setelah semua dinyatakan  anggota kelompok dinyatakan pulih semua, mereka masuk kampung dan disambut dengan makan bersama.
Apakah sunat adat masih berjalan di Ma’u? Mungkin ada yang bisa menjawab.

Advertisements

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s