PODO ROKA SIKU

Canda  dan ketidaksengajaan itu telah membuahkan denda. Seorang lelaki berusia lanjut bernama Meo Nggua diharuskan memberikan denda (waja ndate) berupa satu kain sarung kepada seorang teman wanita sebaya Dhoa Nggowa.  Sore itu laut sawu berwarna merah darah berkeliauan. Matahari sedang dalam proses tenggelam. Dalam bahasa setempat disebut dera tolo mbela. Matahari merah menyala. Pada saat seperti itu beberapa orang laki masih duduk di atas batu di pinggir pantai. Sambil menunggu giliran untuk mandi mereka biasa bercengkerama. Di teras ke empat sesudah gerbang kampung (pele) seorang wanita sedang duduk di atas susunan batu di halaman rumah sebelah timur kampung Mauromba. Meo Nggua datang dengan pelepah kelapa di tangan ingin menggoda seorang ibu tua bernama Dhoa Nggowa (isteri bapak Taa Gudhu). Ayun pelepah kelapa sekedar ingin menggoda ternyata mengenai tubuh si wanita tua dan disambut teriak histeris. Semua keluar dari tenda rumah dan menyaksikan bapa Meo Nggua sedang meminta maaf.

Maaf bagi orang Nagekeo tidak berhenti dengan berkata, tetapi harus diperlihatkan dalama tindakan nyata. Meo Nggua akhirnya kembali ke rumah sambil membawa kaian sarung dan memberikan kepada Dhoa Nggowa sebagai waja ndate (denda pemulihan).
Waja ndate adalah denda adat yang diberikan kepada orang yang melakukan kesalahan yang memalukan dan memerlukan pemulihan. 

Bagi orang Nagekeo saat-saat ‘dera tolo mbela’ (matahari terbenam) harus berlaku hati-hati. Karena pada saat saat seperti ini sering hadir kekuatan-kekuatan gaib yang bisa mempengaruhi perbuatan manusia. Podo roka siku adalah tindakanyang dilakukan olah podo (suanggi) yang mendorong siku (roka siku) sehingga mengakibatkan kecelakaan.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s