KOWA PETI JENAZAH ORANG NAGEKEO

Ketika ayah meninggal dalam keadaan tidak ada pilihan saya membeli sebuah peti jenazah sederhana di Bajawa. Dibuat dari bahan dasar kayu randu (kapuk) yang sangat empuk dan tentu tekstur kayunya sangat rapuh. Ketika diperlihatkan oleh pemilik usaha peti jenazah, saya bilang kasihan orangtua saya dimasukkan dalam peti itu. Lalu orang itu katakan ada yang bagus. Ternyata bahan dasar sama, bagian luar berlapis tripleks mengkilap. Pada hal jauh sebelum meninggal saya beberapa kali pesan saudara menyiapkan peti jenazah. Sudahlah saya menerima keadaan. Hari itu peti itu dimuat di atas atap bis dan sampai di rumah sesudah saya tiba di rumah. Di dalam peti jenazah itu jenazah ayah saya ditempatkan.

Sekarang hampir semua janazah ditempatkan dalam peti kecuali saudara yang Muslim. Pada hal dulu semua orang meninggal selalu hanya dibungkus kain putih dan diikat pada ujungnya. Ketika disemayamkan di atas tikar, janazsah diberi tutup kain sarung.

Peti jenazah orang Nagekeo pada masa lalu disebut ‘kowa’. Kowa sebenarnya berarti juga perahu. Kowa atau peti jenazah dibuat seperti sampan. Sepotong batang pohon kayu yang besar, kemudian dipahat di bagian tengah sampai berbentuk perahu. Dalam lekukan atau lubang ini jenazah ditempatkan.
Pemakaman dengan kowa biasanya hanya mosalaki yang berpengaruh. Suasana kematian seperti perhelatan adat besar dengan masa tunggu lebih lama. Kini kata kowa semakin hilang, tidak saja berhubungan dengan peti mati, tetapi kata kowa semakin tersingkir sejak kata sapa, sope masuk dalam kosa kata Nagekeo dari kata sampan dan sopeng. Adalah kata berasal dari para pelaut Bugis.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in ADAT & BUDAYA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s