TUKA UMA MATA AE TRADISI BELIS YANG MENGHILANG

Masalah mas kawin bukan cuma ada dalam budaya Nagekeo. Hampir semua wilayah adat Indonesia memiliki tradisi membayar belis, mahar atau mas kawin pada saat meminang. Islam termasuk agama yang dengan tegas mengabaikan mas kawin. Tetapi tradisi mas kawin tetap ada dalam bentuk perangkat alat sholat atau sejumlah uang sebagai simbol menghargai dan memberi tanda kenangan istimewa.

Dalam kaitan dengan istilah Tuka Uma Mata Ae adalah jenis belis yang memperlihatkan ego dan harga diri baik keluarga wanita, juga keluarga pihak laki-laki. Belis ini selalu ditetapkan dalam angka ganjil (3, 5,7 ). Biasanya tiga kerbau, tiga kuda atau 5 kerbau, lima kuda, tujuh kerbau dan tujuh kuda atau seterus.
Belis ini timbul apabila pihak keluarga wanita mau menunjukkan kebesarannya dengan cara menetapkan jumlah permintaan. Belis ini juga ditetapkan dengan pertimbangan bahwa pihak laki-laki juga adalah dari keluarga berada. Keberadaan keluarga sebenarnya tidak merupakan hasil kerja sendiri, tetapi memiliki keluarga besar yang mampu (weki liwu). Menyiapkan dan membawa belis bukan urusan pribadi laki-laki yang akan menikah. Ini adalah urusan keluarga besarnya. Karena itu tidak heran bila sebelum acara pernikahan di rumah keluarga wanita, sudah ada pertemuan dan perhelatan besar terjadi di keluarga laki-laki (liko tiwo ine weta ane-ana).

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in ADAT & BUDAYA. Bookmark the permalink.

One Response to TUKA UMA MATA AE TRADISI BELIS YANG MENGHILANG

  1. Pingback: Sail Komodo – NTT 2013 | Inilah Kebudayaan Kabupaten Nagekeo Provinsi Nusa Tenggara Timur (1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s