KASA KA

Ungkapan ‘kasa ka’  sangat unik. Kasa (dada) ka (makan) sudah mulai jarang didengar sejak keadaan ekonomi masyarakat membaik. Pada masa lalu ungkapan ini biasa dikatakan pada anak-anak yang datang ke rumah keluarga lain di kampung pada saat sedang bersiap makan bersama. Kedatangan tanpa rencana itu dianggap sebagai sebuah keberuntungan. Bisa ikut makan bersama. Kepada sang anak dibilang kasa ka.

Ketika berlibur di kampung bersama seorang puteri saya, kami berkunjung ke rumah seorang om. Seperti biasa saya memberi salam dengan suara lantang dari luar. Tak disangka dalam rumah penuh orang sedang duduk untuk makan malam bersama. Saya tidak tahu kalau ada acara khusus itu. Sekitar 30 orang ada dalam rumah duduk bersila menghadapi piring penuh hidangan. Setelah bersalaman anak saya duduk dekat kelompok wanita dan saya bersama kaum lelaki. Begitu kami duduk langsung menerima masing-masing dua piring, satu piring nasi dan satu lagi piring lauk kuah kambing. Pada piring nasi masih ada beberapa potong daging kambing. Kami menyantapnya.  Dalam hal ini orang tidak mengatakan kasa ka. Kasa ka lebih pas diberikan pada anak-anak yang datang tepat pada saat akan makan dan ikut makan. Kedatangan kami berdua dianggap sebagai kehormatan dan keberuntungan bagi rumah yang dikunjungi. Yang diungkapkan bukan kasa ka, tetapi umu dewa (panjang umur). Bisa bertemu pada saat yang baik.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in ADAT & BUDAYA and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s