DASA KU LEMA

Kami membeli sebidang tanah di daerah Pasir Tanjung di dekat Cariu. Tanah darat dan sawah tadah hujan itu diolah orang setempat. Kami sangat jarang ke sana. Kalau kesana, kami membawa pulang beras atau singkong dan pisang. Beras dan hasil kebun tidak menjadi hal utama membuat kami berterima kasih, tetapi kami berterima kasih bahwa tanah kami dijaga. Ada yang memperhatikan batas-batasnya.

Kunjungan saya dan isteri terakhir adalah dalam rangka dasa ku lema (menengok atau meninjau lahan). Saya mengajak istri berjalan menyusuri batas sawah, yang saat ini masih menunggu hujan untuk digarap. Perjalanan mengiatari pinggir lahan yang tidak seberapa itu sudah menjadi sebuah perjalanan panjang dan membuat betis pegal.Isteri saya butuh waktu dua hari untuk memulihkan.

Dasa ku lema atau dalam bahasa Nagekeo disebut lasa tana adalah hal sederhana untuk kita. Tetapi bagi para ine tana ame watu atau pemilik dan tuan tanah luas seperti di Nagekeo adalah suatu kegiatan rutin termasuk dalam gua bapu (ritual adat). Tanah-tanah di Nagekeo adalah tanah adat, kepemilikan lahan adalah milik kolektif. Tanah adalah milik suku. Bagi siapa saja dalam anggota suku dapat memagar dan mengolahnya. Tanah-tanah yang diolah dianggap sebagai milik pengolah lahan. Tetapi ini hanya berlaku bagi anak-anak dalam suku pemilik tanah.

Upacara Baro (photo: Nagekeo Bersatu)

Dasa tana atau menengok batas tanah disebut baro dalam budaya Mbay.Pada upacara baro dilakukan upacara ti’i ka pati minu untuk para leluhur. Baro menjadi pernyataan resmi kepemilikan atas sebuah wilayah.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in ADAT & BUDAYA and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s