NGURU WAU WEKI

Wanita yang menjadi isteri orang Nagekeo bertanya terheran-heran dan terkadang marah. Baju dan celana yang dibeli buat suaminya sudah tidak ada lagi. Suaminya kembali dari Flores tinggal pakaian di badan dengan beberapa potong yang tak berarti dalam kopor. Pada hal sebelumnya tasnya penuh berisi.Itu adalah adat kebiasaan orang Nagekeo.

Meminta pakaian saudara bukan karena kekurangan pakaian dan uang. Walau memang terkadang saudara di kampung memiliki jumlah pakaian terbatas. Tetapi mereka sesungguhnya merasa berkecukupan dalam keterbatasan itu. Hidupnya selalu bisa dihiasi senyum dan tawa setiap hari. Saudara-saudara orang Nagekeo baik laki mau pun wanita merasa bahagia kalau bisa mendapatkan pakaian saudaranya, khususnya yang baru pulang dari rantuan. Mereka ingin mendapat kenangan istimewa.

Bagi orang Nagekeo kenangan istimewa adalah dalam bentuk pakaian bekas pakai saudaranya. Karena pakaian itu seperti merepresentasikan diri pemiliknya. Bila dipakai maka akan selalu mengingatkan saudaranya. Denganya dia merasa dekat dengan pemilik yang memberikannya. Baju itu sudah tidak sekedar baju. Tetapi melambangkan kasih dan diri pribadi pemberinya. Baju ini seolah membawa aroma tubuh sang pemberi, yang dalam bahasa daerah disebut dengan ‘nguru wau weki’ (mencium bau badan). Ketika meminta pun saudaranya mengatakan “kau ti’i jao dambu kau, tau nguru wau weki” (kau berikan saya bajumu, buat mencium bau badanmu).

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in ADAT & BUDAYA and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s