PENE USU MONA

Judul ini sebenarnya biasa-biasa saja. Hanya mau bikin aneh dan unik saya gunakan bahasa daerah. Pene usu mona artinya pintu tanpa kunci. Hari ini saya sedikit napak tilas perjalanan blog ini. Saya baca lagi beberapa halaman (pages). Banyak orang dari daerah yang memberikan komentar disana dalam bahasa daerah. Saya jadi terus memberikan komentar dan karena merasa dekat saya bercerita tentang rumah saya pernah kemalingan.

Ketika saya dan isteri pergi ikut kegiatan doa, pintu rumah dicongkel dan semua barang dalam lemari dikeluarkan. Rumah bagaikan kapal pecah. Tak pernah terpikir olehku bahwa kenyamanan selama sekitar 20 tahun dalam sekejap seperti diteror rasa takut. Malam itu tetangga datang melihat. Tetapi tidak merasa perlu melapaor polisi atau Ketua Rukun Tentangga. Bikin heboh saja.

Pikiran saya seolah merelay kembali kenangan masa lalu. Di kampung saya rumah rumah hampir semua tanpa kunci. Anehnya rumah dikunci dari dalam hanya kalau kita tidur malam. Itu pun tidak semua menggunakan kunci berupa pasak kayu. Tetapi pada siang hari ketika semua orang meninggalkan rumah, semua rumah orang kampungku tidak dikunci (usu mona). Kita hanya menyorongkan atau merapatkan pintu (pene) tapi tidak ada kunci (usu mona). Sebuah tanda bahwa orang kampung kami adalah orang baik dan jujur. Semua orang saling menghargai dan menjaga. Di sana ada damai. Semuanya aman termasuk ketika pintu tidak dikunci (pene usu mona).

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to PENE USU MONA

  1. alfons no says:

    tu mbe’e…..ata kita mbe’o da’e, mbe’o doka

  2. atanagekeo says:

    Pagi Alfons, mbeo doka da’e itu yang tepat. Terima kasih komnetarnya.

Leave a Reply

