JAGAL SAPI QURBAN

Perusahaan kami PT. ILJIN INDONESIA, adalah sebuah pabrik plastik. Bahan baku biji plastik berwarna putih bening dilebur dalam mesin pelebur, lalu ditiup (blow) melembung ke atas dengan mesin blowing atau extruder. Plastik yang berbentuk pipa itu dipipihkan melalaui jepitan 2 rol yang berputar lalu digulung pada sebuah besi yang berisi pipa karton. Gulungan ini kemudian bisa dipotong untuk kantong dan dicetak kalau perlu. Kapasitas produksi kami sekitar 60 -70 ton per bulan, termasuk jumlah yang cukup besar . Produksi kami adalah bungkusan plastik untuk pakaian jadi. Pasar kami adalah perusahan-perusahan pembuat pakaian jadi ekspor.

Pada hari kurban kami menyembelih seekor sapi.Saya datang ke pabrik untuk ikut menyaksikan bagaimana mereka menjagal sapi. Sejumlah karyawan datang pagi hari untuk menjagal sapi. Mereka ternyata tidak trampil, jadi mereka membeli sapi dan meminta bantuan tukang jagal untuk menyembelih sapi. Kami membeli seekor sapi berwarna putih, dagingnya cukup untuk dibagi kepada semua karyawan pabrik.

SIAP MATI


Sang korban kemudian digiring ke tempat yang dipilih. Sebuah lokasi di samping pabrik masih bertanah. Agar darahnya tertumpah dan menyerap ke dalam tanah. Pada tahun sebelumnya penyembelihan dilakukan di halaman berpaving block jadi harus ada usaha ekstra untuk membersihkan darah. Selalu belajar dari pengalaman.

Sang korban sudah digiring ke lahan kosong


Ajal kurban dalam hitungan langkah…


Detik-detik menjelang ajal….


Diseret, dibanting dan sebuah golog tajam menetak leher…


Darah sama merah
Membasahi tanah yang sama
aku pasrah dalam diam
kau berteriak
beda penghargaan
sapi kurban
manusia pahlawan

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s