NAGEKEO NEGERI DAMAI

Damai tidak berarti hidup tanpa masalah. Karena hidup merupakan perjalanan penuh masalah. Setelah masalah yang satu dihadapi dan teratasi, ada masalah baru akan muncul lagi. Damai merupakan kondisi tetapi juga adalah cara menyelesaikan masalah. Damai adalah kondisi yang tenang. Tetapi damai juga adalah cara orang menyelesaikan masalah. Karena ada yang mengajukan cara kekerasan untuk menyelesaikan masalah. Cara menyelesaikan dengan kekerasan akan menimbukan kekerasan. Dan hasil akhirnya adalah menimbulkan masalah. Masalah melahirkan masalah.

Dalam masyarakat Nagekeo dikenal dengan forum adat te’e mere wewa dewa. Sebuah forum dimana orang duduk bersama membicarakan masalah adat. Silang sengketa, beda pendapat selalu ada. Dalam forum rapat orang Nagekeo, tidak semua orang boleh bersuara. Satu suku selalu mempunyai satu hak suara. Dan hanya satu yang berbicara atas nama suku. Orang tersebut adalah kepala soma. Semua pembicaraan akan ditanggap oleh seorang mosalaki yang berperan sebagai moderator. Dia yang menampung dan memediasi lalu melemparkan kembali masalah ke forum. Yang menarik adalah masalah seberat apa pun termasuk yang menguras emosi sampai marah tingkat tinggi, akhir dari segalanya adalah damai. Bila permasalahaan terlampau berat sampai menimbulkan kebencian dan kemarahan tingkat tinggi, maka damai tetap dilakukan dengan mediasi mosalaki. Perdamaian diselesaikan dengan pertumpahan darah, tetapi bukan darah manusia yang bertarung tetapi darah hewan yang harus disembelih untuk makan bersama. Damai adalah final. Hanya dengan damai orang bisa rukun dan bekerja sama. bagaimana pun semua mengakui satu keluarga “ka’e ari dan satu wilayah ‘nua oda’ atau udu eko.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s