LETAKKAN DAN MASUK DALAM KEHENINGAN TANPA BEBAN

Ada saat hidup begitu sulit dan tidak memberikan kenyamanan. Banyak hal yang dipikirkan dan seperti tidak ada jalan keluar. Seorang biksu yang bukunya pernah saya baca, telah menginspirasi saya. Letakkan beban. Itu kira-kira yang saya simpulkan. Kita perlu waktu sesaat untuk bermeditasi. Sebuah meditasi bukan dengan membebani pikiran  dengan berbagai persoalan. Tetapi masuk dalam sebuah keheningan tanpa beban. Masuk dalam kesunyian yang hening. Ibarat melepaskan beban. Menjadi enteng tanpa pikulan.

Kesulitan dalam hidup jangan dihadapi sebagai saat kelam. Semuanya permasalahan yang kita hadapi, betapa pun beratnya harus menjadi stimulan  untuk membangkitkan semangat agar  tetap kuat dan membangun diri. Ini yang orang bilang tantangan menjadi peluang. Dari keadaan yang sulit orang memikirkan jalan keluarnya. Kesulitan harus memicu  seorang untuk memanfaatkan semua kekuatan pikiran dalam alam bawah sadar untuk bekerja.  Dalam keadaan biasa kekuatan bawah sadar hanya menjadi potensi yang terkubur, tersimpan rapih.Kita tidak sempat mengaktifkannya secara baik. Tetapi dalam keadaan yang sangat sulit, tanpa kita sadari, ternyata kekuatan itu menjadi semacam cadangan tanggap darurat yang menyelamatkan.

 

Advertisements

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s