TU AWU DAPU UPACARA AWAL MUSIM TANAM

Dua musim yaitu musim panas dan musim hujan.  Itulah musim yang dikenal di daerah tropis. Pada musim panas orang-orang di pesisir selatan tidak berkebun. Orang-orang desa Witurombaua dan Kotodirumali biasanya memasak garam(ambu si’e). Sedangkan orang-orang di desa Worowatu memnbuat periuk dari tanah liat (ndu anga). Ketika musim hujan tiba mereka berkebun, membersihkan rumput dan menanam bibit.

Pada saat musim tanam tiba, ketika awal musim hujan masyarakat Nagekeo pesisir selatan, khusus di wilayah Keo Tengah melakukan satu upacara yang disebut Tu Awu Dapu (menghantar abu). Masyarakat adat Worowatu melakukan upacara tu awu sebanyak dua kali. Pada saat awal musim hujan atau musim tanam dan pada awal musim panas sebagai awal musim untuk membuat periuk (ndu anga)

Sebuah tempurung kelapa berisi abu dapur dan di atasnya ada telur ayam, siri pinang, sedikit beras dan kacang.  Sepotong lembaran daun lontar yang telah dibasahi air ludah masing-masing  peserta upacara .  Potongan daun lontar (wunu kodi) lebih dahulu dipakai untuk mengerok lidah sehingga basah (siki wiwi kobi dema).

Dengan tempurung di tangan para peserta upacara membawa persembahan  ke laut. Sebelum barang-barang ini di diletakkan di bibir pantai , pemimpin upacara mengucapkan doa (sua soda)  khusus seperti berikut:

Siki wiwi, kobi dema  ae ngasi ta mona pawe, ta re’e amba

Seru soa,  ngasi sami,

Puu rede kedi tu dau mesi mite

Nitu noa ulu mbole

Ko’o miu menga ke.

Kami weki ri’a do modo

Ae ngasi taa ree amba

Mese ne’e dera wa ne’e ae

Persembahan ini ditujukan  pada penguhuni sebagai penunggu bumi bernama  nitu noa dan ulu mbole. Tujuannya adalah memohon agar musim tanam ini dapat berjalan baik dan tidak mendapat halangan.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in ADAT & BUDAYA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s