ANTRI-MENGANTRI BELUM MENJADI BUDAYA DI NAGEKEO

Orang berdesakan sampai ada yang jatuh hanya untuk mendapatkan nomor urut dalam proses pembuatan E-KTP di kecamatan Aesesa, Mbay, kabupaten Nagekeo di NTT. Berbagai tanggapan muncul dan menyatakan kekecewaannya sebagaimana termuat dalam facebook kelompok Nagekeo Bersatu. Masing-masing memiliki tanggapan dan argumen yang berbeda.

Mengantre mungkin bukan dan belum jadi budaya orang Flores umumnya dan Nagekeo khususnya. Kebutuhan untuk berbaris secara teratur mungkin perlu di banyak tempat seperti di wilayah yang sudah maju. Tetapi di Flores, jumlah manusia masih terbatas, semangat tenggang rasa masih ada.

Bicara tentang tenggang rasa, bapak saya(orang tua) pulang ke rumah mengeluh. Ketika dia berdiri  dalam gereja di Cijantung, Jakarta  untuk mengikuti upacara tobat menjelang Natal, dia tidak melihat ada orang yang mendahulukan dia yang sudah sepuh. Beliau baru dari desa, seorang tua diberi prioritas pada masa itu.

Belajar dari kota-kota di negara lain, Indonesia akhirnya berusaha keras untuk mempromosikan kebiasaan antre. Mulai dengan antre naik bus.  Ruang publik seperti bank mulai memasang tali pengatur agar orang harus berbaris menunggu giliran.  Di depan loket statiun kereta api ada pemisah permanen agar orang terpaksa antre.  Jalan masuk loket stadion olah raga.  Bagi yang pernah ke gedung teater Keong Mas atau masuk ke Sky lift ada  pembatas tetap untuk mengatur agar orang berdiri menunggu dalam baris. Orang harus antre.  Di negara maju tidak ada pembatas yang memisahkan. Yang ada hanya batas antara meja pelayan publik dengan para penunggu giliran. Biasa hanya diberikan tanda atau garis batas seorang menunggu sampai petugas siap melayani.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s