ORANG NAGEKEO TIDAK PUNYA NAMA HARI

Mungkin pernah dengar orang kampung menyebut ‘dera tadi kamba’(jarak matahari dengan permukaan laut di ufuk barat sepanjang tali kerbau),  dera tadi longo’ (jarak matahari dengan permukaan laut di ufuk barat sepanjang tali kambing. Ini contoh ukuran waktu. Satuan waktu berdasarkan gejala alam.   Ada dera singga (mata hari terbit), singga tenggo ( sekitar jam 9 pagi) dan dera petu (sangat panas tengah hari) atau dera petu ke’e  (matahari persis  tegak di atas langit). Untuk ukuran waktu yang pendek ada ungkapan ‘mboto wete’ (ukuran waktu selama memasak jewawut).  Ini  cara-cara kita menetapkan waktu.

Bagaimana mengingat tahun kejadian. Peristiwa-peristiwa alam yang besar seperti gempa bumi, banjir, longsor, pembukaan kebun baru (woka) masa lalu orang harus membuka kebun baru secara beramai-ramai dan juga pembangunan rumah adat adalah petanda waktu yang lebih panjang. Peristiwa alam yang fenomenal dijadikan patokan lalu dihitung sebelum atau sesudahnya.

Saya masih ingat bapa saya mencatat tanggal kelahiran kami dalam sebuah notes buatan sendiri, yaitu berupa buku tulis yang dilipat kemudian dijahit kembali.  Selain tanggal ditulis berapa hari terbitnya atau surutnya bulan. Catatan kesu dan pere ini penting. Karena pembawa bibit jagung atau kacang ke kebun harus sesuai dengan saat kelahiran seorang. Dalam bahasa daerah kesu (terbit) Jadi kesu rua (hari kedua bulan sabit), kesu tedu (3) kesu wutu (4) dan seterusnya. Kemudian pere (bulan mengecil)  pere do’e (hari pertama) pere rua (2) dan seterusnya. Sesuai dengan rotasi bulan. Ada yang berpendapat beda? Mohon masukannya.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in ADAT & BUDAYA and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s