AKU ORANG NAGEKEO

Yang membedakan orang dengan yang lain bukan hanya karena jenis kelamin dan warna kulit atau jenis rambut. Kulit hitam dan rambut saya keriting  membuat orang segera mengidentifikasi saya sebagai orang Flores.  Tentu tidak salah. Tetapi masih ada salah satu ciri yang paling menonjol yang membedakan kita dari daerah ke daerah lain adalah kebudayaan dan adat kebiasaan seorang.

Adat kebiasan yang mengakar dan tumbuh berkembang  itu yang mempengaruhi pola perilaku.  Hidup kita secara sosial mau pun secara pribadi  dipengaruhi oleh kebiasaan-kebiasaan yang telah berlaku dalam masyarakat di mana kita hidup.  Kebiasaan-kebiasan ini yang mengatur masyarakat dalam bersikap dan berperilaku.  Kebiasaan-kebiasaan ini telah dimiliki dan diwariskan secara turun temurun.  Wujud dari pada kebiasaan ini tercermin dalam cara hidup. Karena manusia dipengaruhi oleh kebudayaan setempat yang mengatur kewajiban dan larangan serta tindakan yang diperbolehkan.

Sebagai orang Nagekeo, saya tentu dipengaruhi oleh sikap dan perilaku yang umum berlaku dalam kebiasaan hidup orang Nagekeo. Ini yang dinamakan jati diri saya sebagai orang Nagekeo. Saya dikenal bertutur kata dan berperilaku yang mencerminkan adat dan budaya tertentu.

Dalam proses pencarian dan menemukan kembali berbagai kebiasaan orang Nagekeo, saya menulis sejumlah posting di blog ini.  Sudah lebih dari 20 posting dari ratusan posting yang telah saya tulis tentang kebiaasaan Nagekeo. Mohon sumbang saran dari para pembaca melalui komentar-komentarnya.  Semua tulisan yang ada dalam blog ini tidak lebih dari sekedar pencatatan seadanya dari pengalaman hidup saya sebagai orang Nagekeo.  Karena aku memang anak Nagekeo.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in ADAT & BUDAYA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

