TULISAN LONTAR DIKENAL DI NAGEKEO

Kedatangan pelaut Bugis ke pesisir selatan pulau Flores meninggalkan jejak yang paling menonjol adalah tulisan lota (lontar) atau tulisan lontar yang sekarang sudah hampir punah. Selain di Ende, di bagian lain di pesisir selatan hampir tidak ada jejak tulisan lontar.  Tidak ada yang berminat untuk mempelajari dan mengembangkannya. Pada hal tulisan ini sangat-sangat mudah dipelajari.

Di wilayah Nagekeo tulisan lota dikenal di Tonggo dan Mauromba. Selain karena memang penduduk selatan Nagekeo di wilayah ini adalah pelaut, juga antara orang Tonggo dan Mauromba ada hubungan kekerabatan dekat.  Pada tahun 50an beberapa pemuda pelaut di kampung kami sudah biasa menulis tulisan lontar. Tetapi penggunaannya tidak luas. Mereka tidak memanfaatkan untuk mencatat, tetapi lebih untuk kepentingan menyampaikan pesan kepada wanita. Cara yang mereka lakukan adalah membuat tulisan pesan singkat kepada wanita. Catatan pada daun lontar itu ditempatkan di jalan yang biasa dilalui gadis ketika mengambil air di sumur.

Suatu ketika Salema, seorang bapa berusia sekitar 70 tahun  dari kampung mengunjungi rumah kami di Jakarta. Dia sempat memperkenalkan kepada saya tulisan lontar. Saya sempat mempelajarinya, tapi sayang  kunjungannya pendek, dan dia sudah melupakan beberapa aksara, saya tidak meneruskannya. Tetapi apa yang saya pelajari memiliki kesamaan dengan aksara lota yang ada di Makassar.

Membandingkannya dengan aksara Hangul (Korea) sebetulnya aksara Hangul sudah lebih teratur sehingga  mudah dipelajari.  Tentu saja dengan sedikit ketekunan aksara lota juga bisa dipelajari dengan mudah. Di bawah ini bisa dilihat dua jenis aksara yaitu Lota dan Hangul (baca Han –  Gul).

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in ADAT & BUDAYA and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s