HUKUM ADAT KEMATIAN PADA MASYARAKAT NAGEKEO

Kematian dalam budaya Nagekeo  adalah bukan akhir sebuah perjalanan. Kematian adalah perjalanan itu sendiri. Karena itu orang menyebut kematian dengan istilah  mbana, kai (pergi)  atau tama tuka ine masuk kembali ke rahim sang bunda.  Kematian seperti berpindah  tempat.

Kematian juga selalu ditangisi karena kematian memisahkan seorang yang kita cintai karena berpindah ke tempat  lain. Kita tidak lagi bisa mmandang, menyapa atau merasakan kehangatan. Ada rasa kehilangan.

Saya tidak banyak hadir dalam upacara kematian orang Nagekeo di kampung, karena sebahagian besar hidup saya berada di luar tempat kelahiranku. Peristiwa kematian yang saya kenang adalah kematian om dari mama saya, Nggido Nggolu di Udi. Saat itu saya lihat orang menebang sebatang pohon. Batang pohon itu kemudian dipahat di tengahnya menjadi semacam  perahu kecil. Ini namanya kowa atau sampan. Inilah peti jenazah tanpa papan.  Pada kesempatan lain saya menyaksikan orang membunyikan gong gendang pada upacara penguburan embu  Ado Wea di Nuamuri.  Saya hadir pada saat kematian dan penguburan ayah saya. Dan saya akhirnya mengikuti semua pertemuan adat, karena saya sendiri ditentukan sebagai kepala soma menggantikan ayah saya.

Kematian seorang yang sudah berusia lanjut dan dihargai disebut dalam istilah ‘mboka lo’a mosa , mata jata metu’. Ada sebuah penghargaan khusus dengan membunuh kerbau.  Pada saat kematian anggota keluarga, pihak keluarga yang ditinggalkan tidak saja dirundung duka, tetapi juga menerima kewajiban-kewajiban adat.   Kewajiban-kewajiban adat dalam hubungan dengan orang meninggal dilakukan pada saat pertemuan  hari ke 3 (sawe kombe) sesudah penguburan. Pada saat itu diadakan pertemuan yang disebut dheka bako, mea moro embu mame ( makan siri pinang pamitan dengan pihak paman orang yang meninggal).

Hukum adat yang perlu dipenuhi oleh keluarga yang berduka cita adalah:

  1. Su’a e’a koghi  ondo( penggalian yang pertama kali)Pada saat pertama kali ada yang meninggal dalam keluarga misalnya seorang anak, maka kepada orang tua sang ibu  diberikan  kerbau, parang dan emas (kamba, topo, wea)
  2.  Kulu tu’u poma foa
    Istilah ini dikenakan bila wanita (isteri) meninggal dunia. Kulu tu’u poma foa (rumput dan tempat kubangan telah kering) maka pihak orang tua dari wanita mendapatkan  kamba , topo, wea atau jara
  3. Dhoi poi deko bheka. Istilah  yang dikenakan bila silelaki (suami) meninggal dunia. Dhoi poi deko bheka ( alat pemikul sudah patah dan bamboo penampung air telah pecah). Keluarga yang berduka memberikan kompensasi kepada  orang tua wanita  berupa kerbau, jara , topo (parang adat).
  4. Pu’u bheto: Diberikan kepada embu mame (om) dari yang meninggal dunia.
  5. Tune Mue Sepu Membu ( sisa terakhir)Diberikan kepada embu mame(paman) saat keponakan menjadi yang terakhir dalam keluarga meningal dunia.

Hukum adat yang menjadi kewajiban, yang harus dipenuhi oleh pihak orang tua dan embu mame (paman) adalah membawa babi besar dan beras dan kain sarung. Pihak paman juga selain memberi babi besar juga membawa sarung dan tikar. Kain sarung dan tikar biasa digunakan untuk dikenakan pada jenazah (loko lupa).  Semua kewajiban adat selalu harus dipenuhi sebagai bukti penghormatan pada yang sudah meninggal dan juga penghargaan (kompensasi) kepada pihak keluarga yang merasa memiliki ikatan batin pada yang telah meninggal dunia.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in ADAT & BUDAYA and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s