MEDITASI ADALAH SAAT ISTIRAHAT

Hidup  manusia hanya bisa berguna kalau dia terus beraksi. Melakukan aktivitas-aktivitas yang positif. Dengannya bisa  membangun  diri secara materiil dan juga  mengembangkan kepribadian.  Dalam membangun kehidupan ekonomi, seorang berhubungan dengan sesama dan lingkungannya. Berbagai tantangan dihadapi membuat seorang merasa terbebani secara fisik dan psikis.  Ada kelelahan.

Kelelahan fisik dapat diatasi dengan  mengistirahatkan badan kita. Berhenti bekerja, duduk, tidur atau  melakukan kegiatan-kegiatan pengalihan lainnya.  Bagaimana anda mengistirahatkan pikiran dan batin anda?

Mengistirahatkan batin dapat dilakukan dengan meditasi. Ajahn Brahm, seorang Inggeris, dalam pencaharian hidupnya dia menemukan memeluk agama Budha kemudian menjadi seorang Biksu. Dia kini menetap di Australia memegang dua kewarganegaraan Australia dan Inggeris.  Dia mengajarkan bahwa meditasi itu seperti meletakan botol. Bila kita mengangkat sebuah botol air aqua dan kita kelelahan kemudian kita melepaskanya diatas meja. Tangan terasa enteng dan kuat lagi melakukan pekerjaan. Begitu juga meditasi ibarat melepaskan botol air, kita sejenak melapaskan segala seuatu dari pikiran kita. Melupakan sejenak. Kemudian kita memiliki kesegaran dan kekuatan lagi.

Meditasi tidak perlu pergi ke gua, duduk bersila, tetapi meditasi dapat dilakukan dimana saja. Termasuk di atas kursi empuk. Karena ketika  duduk di kursi empuk yang kita tidak selamanya nyaman secara batin. Kita mungkin memiliki sejumplah masalah yang membuat pikiran kita terbebani. Ambil tempat posisi duduk yang senyaman-nyamannya di mana saja  kita menginginkannya. Seperti melepaskan botol, lepaskan pikiran kita dari semua beban. Selamat bermeditasi.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s