MENULIS ITU SEPERTI NAIK SEPEDA

Gampang menulis. Itu kata Dahlan Iskan menteri BUMN yang sedang tenar. Saya kebetulan sangat menyukai tokoh yang satu ini setelah Jokowi. Kata pak Dahlan menulis itu tidak ada ilmunya. Seperti belajar naik sepeda, naik saja sepeda dan semakin lama semakin lihai.

Saya ingat betul saat-saat awal saya belajar naik sepeda di asrama Seminari Tinggi Ledalero di Maumere.  Di sekolah kami itu hanya ada satu buah sepeda tua, yang hampir setiap hari harus diservis. Soalnya sudah pada reot. Saya menyesal ketika celana panjang saya yang baru pertama kali dipakai robek lututnya.  Saya baru bisa naik sepeda, tetapi ketika di tikungan saya terus mengayun sepeda dengan kencang. Saya terbanting dan lutut saya terseret dan mengakibatkan robek pada celana.

Dalam menulis saya juga mengalami kesulitan pada saat awal. Bingung mencari kata untuk memulai tulisan. Dan bila menulis, saya ingin cepat selesai. Hasilnya saya hanya memiliki tulisan yang cedera. Tulisan yang tidak selesai seperti celana robek. Catat dan tak diteruskan.

Pak Dahlan mungkin ada benarnya. Semakin  sering menulis maka semakin trampil kita membuat tulisan. Seperti naik sepeda atau berenang. Semakin lama kita berlatih semakin nyaman kita melakukannya.  Dengan menulis kita menstrukturkan pikiran dan karena pada saat menulis kita harus mengatur alur pikiran kita. Karenanya orang yang sering menulis memiliki pikiran yang terstruktur.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s