JANGAN RISAU MEMIKIRKAN MASA DEPAN

Suatu saat seorang lelaki berikat kepala asal India Shik memasuki kantor kami. Kemudian dia masuk ke ruang kerja saya dan duduk. Sekarang saya sudah lupa kata apa yang dia ucapkan pertama kali. Karena sudah sangat lama. Dia kemudian ingin meramalkan nasib saya. Saya kemudian minta dia jangan meramalkan masa depan saya, karena saya dan dia pun tidak tahu. Lalu saya mengusulkan dia untuk menjelaskan masa lalu saya. Karena itu yang saya tahu. Apakah dia benar mengatakan itu. Dia lihat saya berkulit hitam kriting, dia mengatakan anda punya masa lalu yang tidak bahagia. Saya menyergapnya dan mengatakan anda salah besar. Saya melewati masa lalu sangat bahagia. Yang teringat dalam benak saya betapa anak kecil di kampung disayangi oleh orang sekampung. Kalau perlu menyusu pada wanita yang bukan ibunya. Menikmati kebebasan berekspresi dan bermain yang menyenangkan.

Apa peduli kita tentang masa depan? Menurut saya jangan mengkhawatirkan masa depan. Dan juga jangan dengar ramalan orang tentang masa depan yang menjajakan keahliannya seperti orang Shik itu. Kita semua tidak tahu akan apa yang bakal terjadi nanti. Labih baik memikirkan masa kini sebaik-baiknya dengan berupaya sekeras mungkin. Dengan demikian kita tahu bahwa kita sedang melakukan yang terbaik untuk masa depan.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

