MENGAIS REJEKI DI PELABUHAN TANJUNG PRIOK

Image

Hari Jumat 23 Juni 2012 sangat terik.  Dengan kecepatan rata-rata 80 km per jam kurang dari 30  menit kami sudah masuk wilayah  Tanjung Priok melalui  tol lingkar luar dari Cijantung. Kemacetan ternyata tidak bisa dihindari setelah melewati daerah padat industri di Kawasan Brikat Nusantara (KBN) Cakung. Untuk jarak sependek itu kami butuh waktu lebih lama. Kami segera memasuki pelabuhan penumpang Nusantara, Tanjung priok sebelum jam 12 siang.  Kapal penumpang Sirimau akan bertolak dari darmaga pada pukul 2 siang.

Sejak di pintu pasuk kendaraan  ada  sejumlah orang lelaki mengenakan baju berwarna kuning sudah menunggu depan gerbang karcis. Ada yang langsung merapat dan ada yang lain terus mengejar kendaraan yang masuk. Mereka adalah kuli panggul barang. Calon penumpang yang saya bawa adalah seorang ibu paruh baya, yang mempunyai  barang bawaan sangat banyak cukup untuk satu bak mobil pick up.

Tiga orang kuli pikul mengeliling mobil kami. Minta Rp. 200.000,- untuk mengangkut semua ke kapal. Saya menawarkan Rp. 100.000,-. Barang kami akhirnya dibawa ke dalam kapal. Sesampai di kapal kami mencari tempat tidur penumpang. Nampak sebahagian besar tempat sudah di penuhi. Hampir tidak ada lagi ruang kosong. Ternyata ada tempat yang di huni oleh calo. Mereka adalah orang yang menguasai tempat  dan meminta ongkos Rp. 10.000 untuk tempat yang sebetulnya milik kapal dan menjadi hak calon penumpang. Kami pun mengalah dan menaruh semua bagasi di situ.  Tak seberapa lama pedagang  asongan  bagai lalat sampah mengerubuti kami.

buruh panggul

seorang buruh panggul wanita

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s