JANGAN PERNAH MEMANDANG RENDAH SIAPA PUN

Saya berkendaraan melalui Halim menuju Hek. Malam itu sepi. Waktu sekitar jam 10 lewat. Jalan agak sepi di tempat itu. Hujan rintik. Seorang ibu berusia paru baya berkalung selendang kumal buat mengikat bakul gendong, mengapit karung kosong. Ketika saya akan memasuki jembatan diatas jalan tol, saya melaju pelan dan berhenti. Saya memanggil ibu yang berjalan di rintik hujan untuk duduk dalam mobil. Dari penampilannya saya tahu bahwa dia seorang pedangan sayur gendongan.

Hujan terus rintik semakin deras. Kami pun saling menyapa. Saya katakan saya menuju Cijantung. Ibu pasti ke Pasar Induk. Kita satu arah. Dari hasil pembicaraan kami, sang ibu berbaju kusam dan dekil itu ternyata telah menyekolahkan tiga anak menjadi sarjana dengan menjual sayur. Apakah ibu tidak berhenti setelah ana-anak sarjana dan bekerja? Dia mengatakan anak-anaknya mencintainya dan meminta dia berhenti bekerja begitu keras. Mereka ingin menyenangkannya. Menurut ibu itu dia merasa masih kuat bekerja dan dia mencintai pekerjaannya. Untuk sementara dia tidak mau mengganggu anak-anaknya sampai suatu saat kalau terpaksa.

Siapa yang menyangka bahwa ibu sederhana, penjual sayur gendong bisa menyekolahkan anak-anaknya sampai ke jenjang yang begitu tinggi. Ia tetap bersahaja dan menikmati kesederhaannya. Cintanya, cinta ibu tak pernah menuntut balas. Saya terkesima dan meneguhkan hati bahwa kita jangan pernah memandang rendah siapa saja, karena ternyata orang sederhana bisa berbuat hal luar biasa. Tuhan memberkati dia…

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s