FACEBOOKERS ATA LOMBA

Awalnya saya sangat alergi memiliki akun facebook. Tetapi isteri saya yang setia jadi ibu di rumah punya akun facebook yang dibuat dengan bantuan anaknya.  Karena kode rahasia umum maka saya bisa membukanya. Satu kali saya melihat foto makam kakak Niko Muta di Nagaroro. Saya terharu dan memberi komentar pakai bahasa daerah, ‘tei late kae Niko, Tali’. Ketika isteri  buka akun facebooknya melihat itu dan heran bercampur keberatan. Saya lalu membuat akun sendiri.

Dengan sedikit malu-malu, saya tidak memasang foto pribadi. Pada satu kesempatan saya berkomunikasi dengan  Agapitus dan Jose Jua pada saat bersamaan. Agapitus minta saya pasang foto. Dan setelah tunggu beberapa hari akhirnya dipasang foto saya. Saya tertarik dengan percakapan dan  sharing pendapat bertiga malam itu. Kris Bheda juga menguatkan saya facebook menjadi wadah yang baik buat diskusi. Kebenarannya kemudian menyemangatiku dan membawa hiburan tersendiri. Saya bisa bertemu dengan banyak orang.

Menjalin hubungan dengan para sahabat facebook pertama aku memilih orang sendiri. Dari nama-nama pemilik akun bisa direka-reka daerah asal. Dan dari sahabat mereka  bisa diidentifikasi hubungan keluarga atau asal wilayahnya. Kini saya bisa berhubungan dengan sejumlah anak-anak muda asal  kampung kami Mauromba dari Merauke sampai Aceh. Bagi yang belum pernah kenal saya awali dengan kirim pesan, ‘mae ngasi te puu emba, jao tali ata lomba. Bhide koo koka kita weta weki’. Facebook telah menjadi a’i rada (perantara) paling handal untuk kita saling mengenal.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to FACEBOOKERS ATA LOMBA

  1. Aliyah says:

    facebookkan memang mengasikkan🙂

Leave a Reply

