MENS DI SANA CORPUS DI SINI

Pikiran dan tubuh kita memang merupakan dua bagian yang berbeda. Pagi ini saya mengikuti misa pagi di gereja dekat rumah. Hanya berjarak tempuh 5 menit berjalan kaki dari rumah ke gereja. Sambil menghirupi udara segar pagi saya sangat semangat menuju gereja. Ketika di gereja ternyata sebahagian pikiran saya melayang jauh ke mana-mana. Saya berusaha menyadarkan diri dan kembali khusuk mengikuti kebaktian.

Berdoa dan berada di tempat ibadat ternyata tidak menjadi bukti kesalehan dan baiknya hubungan seorang dengan Tuhan sumber segala rahmat dan anugerah. Karena ketika kita berada di tempat ibadah ternyata pikiran dan hati kita  melayang tembus melintasi tembok tempat ibadah. Ketika saya mengangkat mata ke depan, saya lihat ada seorang masih terus saja berdiri, pada hal semua yang lain sudah berlutut. Saya tidak sendirian menghadirkan diri di gereja tetapi pikiran  terus berkembara entah ke mana.

Paling tidak hari ini saya sudah berusaha dan berniat baik untuk mendekatkan diri pada Tuhan.  Mungkin karena tidak pandai berdoa, dan saya memang tidak biasa doa pribadi dengan banyak kata-kata dan kalimat yang indah. Saya lebih banyak hening dan sekedar merasakan  ada bersama Tuhan. Karena itu setiap pagi sesudah kebaktian selesai, saya duduk dan tenang beberapa saat. Merasakan berada dalam hadiratNya. Syukur Tuhan telah menambahkan hari-hari saya.  Yang saya pikir adalah Tuhan pasti punya rencanaNya sendiri buat saya. Tugas saya yang tersisia adalah  berusaha mendalami, memahami dan merencanakan serta merealisasikan.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

