MOGOK MAKAN DAN BUNUH DIRI DI DEPAN ISTANA NEGARA

Mogok makan  adalah sebuah protes  alias ngambek karena keinginan seorang tak dipenuhi. Mogok makan biasa dilakukan oleh anak-anak pada ibunya. Seorang ibu akan terus berusaha mengajak, merayu anaknya untuk makan. Karena bila tidak makan akan sakit.

Dalam kehidupan sosial bernegara ada aksi mogok makan dilakukan ole satu orang atau sekelompok orang untuk memaksakan keinginan pelaku mogok kepada pemerintah.

Ana Hazare seorang pria sederhana dari India melakukan aksi mogok makan.  Sebuah aksi protes atas korupsi yang terjadi  di kalangan pejabat tinggi . Dia mengharapkan Undang-Undang Antikorupsi bisa diloloskan dan para pelaku kejahatan korupsi disidik dan ditindak.

Berkaitan dengan Nazaruddin, seperti  terungkap dalam diskusi Jakarta Lawyers Club di TVOne korupsi yang paling busuk dilakukan secara terbuka oleh anggota legislatif, para pembuat peraturan dan perundang-undangan.

Ana Hazare beruntung bukan warga negera Indonesia. Karena mogok makan pasti tidak banyak berpengaruh disini.  Perbuatan orang bodoh, karena bisa sakit dan menyakitkan.  Karena kita semua tahu begitu banyak orang yang karena kekurangan harus membunuh diri. Bunuh diri karena miskin. Begitu banyak kali orang bunuh diri. Aksi nekad itu ternyata tidak berpengaruh apa-apa pada kebijakan pemerintah.

Ana Hazare memberikan pelajaran bagi kaum miskin dan juga pejuang anti korupsi di Nusantara ini. Kalau mau mogok makan dan mati lapar jangan lakukan di rumah sendiri. Mau mogok makan harus dilakukan di tempat terbuka, kalau perlu di depan istana. Namun orang Indonesia tidak biasa melakukan aksi  mogok makan. Karena mogok makan itu ulah ngambek anak-anak.  Yang terbanyak adalah gantung diri dan bunuh diri. Menghabiskan nyawa  di rumah sendiri tidak punya dampak luas. Ana Hazare memberikan inspirasi bahwa  bunuh diri terbaik dilakukan di tempat terbuka seperti di pohon-pohon depan istana Negara. Ini baru berita bagi pemerintah dan para koruptor rakus yang hanya mau makan dan kenyangkan perutnya sendiri.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Politik and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s