BAHASA NAGEKEO

Terima Kasih….

Kata terima kasih  atau thanks (Inggris), Grazie (Italia), bedankt (Belanda) dank (Jerman)  kamza (Korea) Salamat (Philipina)  oleh orang Sikka (Maumere) mengatakan epang gawang. Lalu apa kata orang Nagekeo?

Kepada seorang teman orang Manggarai melalui pesan singkat telepon saya tanya:”Kraeng, apa kata “terima kasih” dalam bahasa Manggarai? Katanya bahwa tidak ada kata itu. Mungkin karena orang Manggarai jarang bisa berterima kasih, katanya. Ternyata orang  Manggarai tidak sendirian. Seorang asal Nagekeo, pengunjung blog ini  dengan   ragu-ragu mengatakan ‘simo pati’ sebagai pengganti kata terima kasih.  Murni coba menterjemahkan  dua kata terima  (simo) dan kasih atau memberi (pati). Sebuah ide yang tentu patut dihargai.  Kata terima kasih dalam bahasa Indonesia sebenarnya sudah sangat populer, terserap dan diterima serta digunakan di  seluruh Nusantara.  Orang Nagekeo  boleh saja bercakap-cakap dalam bahasa daerah tetapi  ketika sampai pada mengungkapkan rasa syukur ini dia  akan serta merta mengatakan  terima kasih. Karena itu sering kita dengar:” Jao terima kasi woso nee miu.” Atau “jao utu ria nee miu” atau dia bilang ” modo”(baik).

Menterjemahkan kata dari satu bahasa  kedalam bahasa yang lain berarti kita mencari kata  yang biasa digunakan dalam satu bahasa dalam percakapan harian. Lalu yang paling biasa dalam percakapan orang Nagekeo kata apa untukmenyatakan terima kasih?  Orang Nagekeo  mengungkapkan rasa terima kasih  dengan mengatakan: “ jao utu ria nee miu.” Ungkapan ini juga sekedar menyatakan saya bersyukur ada kamu atau bersyukur atas apa yang diterima.

Mungkin ada  teman-teman yang ingin memberi masukan  selain simo-pati dan utu-ria untuk mendapat padanan kata terima kasih dalam bahasa Nagekeo. Seperti kata terima kasih terserap dan  diterima dalam bahasa Nagekeo, mungkin kata yang anda usulkan kemudian dipopulerkan bisa saja diterima dan terserap dalam bahasa Nagekeo.  Modo, sama ke.

Advertisements

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to BAHASA NAGEKEO

  1. Mrs.Rua says:

    Nice info,,pacar sy org nagekeo,stiap dia mberikan ssuatu utk sy,
    Saya sll ingin mgucapkan kata “terima kasih” dlm bhs nagekeo,
    Spy dy lbh bangga,bhsnya sy gunakan. Ternyata postingan ini ckp brmanfaat..simo-pati 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s