POLITIK DI MATA ORANG FLORES

Kau jangan politik sama saya. Itu kata orang Flores kalau seorang berbicara  tidak sesuai fakta.  Politik identik dengan kebohongan. Dan bagi orang Flores untuk kata  bohong mereka bilang ‘he kau jangan tipu tipu.’ Bohong dan tipu menipu masih saudara sekandung.  Sama-sama  berasal dari kandungan ketidakbenaran.  Dan  apa yang dilahirkan tentu berwarna dan berkarakter tak benar juga.

Saya berada di suatu tempat di mana tidak ada kebohongan dan rekayasa, demikian kata Nazaruddin dari tempat persembunyian.  Bohong ya bohong, artinya  berisi  ketidakbenaran.  Tempat penuh kebohongan artinya tempat penuh dengan ketidakbenaran.  Rekayasa   merupakan rencana jahat atau persekongkolan yang bertujuan  untuk merugikan pihak lain.  Sama sebanding dengan kebohongan.

Kasus Nazaruddin berhubungan dengan  urusan korupsi.Korupsi juga berarti busuk dan kebusukan ini terjadi diantara para wakil rakyat yang orang politik.  Kenyataan menunjukkan dengan terang benderang  bahwa  apa yang dikatakan orang politik  itu mengandung kebohongan dan rekayasa. Sungguh lengkap sudah kebohongan, rekayasa dan pembusukan.  Karena itu benar kata orang Flores, jangan politik. Politik itu bohong, rekayasa dan tidak sesuai fakta. Ada kesamaan aroma pada politik, rekayasa dan bohong alias tipu yaitu  uap tak sedap yang dinamakan busuk. Politik memang busuk di negeri ini. Nyanyian Nazaruddin adalah nada tak selaras dengan harmoni kebenaran yang sedang berkumandang di negeri ini.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s