RUMAH RETRET DAN GUA MARIA KALIORI

Perjalanan kami berempat  dari Jakarta ke Jogya pada tanggal 14 Maret 2011 dengan sebuah Avanza tidak memiliki tema istimewa.Inisiatif datang dari teman dan tetanggaku.  Saya mengajak untuk bermobil ria dan wisata ke Bali.  Saya pikir dengan itu ada banyak tempat bisa disinggahi atau dikunjungi. Tetapi pasangan tetangga saya  orang Jogya punya kerinduan untuk pulang kampung. Berangkat dari Jakarta jam 6 pagi. Membawa bekal makan pagi dari rumah. Saya yang semula memiliki kebiasaan bertualang tanpa bekal, akhirnya berterima kasih bahwa santapan pagi itu adalah urutan pertama dari semua yang pernah kami cicipi sepanjang perjalanan pergi dan pulang. Filet ikan kakap asam manis dengan nasi pulen hangat, mengenyangkan dan sedap. Perjalanan menyenangkan penuh canda dan tawa. Tidak ada banyak hambatan sampai Gua Maria Kaliori di Purwokerto.

Kami menginap di pondok  Caecilia, rumah retret terbaru sumbangan seorang penderma dari Jakarta. Memiliki 4 kamar tidur yang besar berpendingin udara  dan air panas untuk kamar mandi. Sebuah tempat tidur besar berkasur empuk dengan satu tempat tidur ekstra. Ruang duduk dengan meja makan yang lega. Layaknya sebuah vila peristirahatan ketimbang ruang doa dan bermeditasi.

Foto diambil oleh seorang Imam OMI (Oblat Maria Immaculata)

Gerbang sebelum menapaki banyak anak tangga menuju gua

Berdoa di gua Maria

Rumah Retret

Kenyamanan ruang tidur Pondok Caecilia di rumah retret Kaliori

Ruang duduk berplafon tinggi

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

