KACAMATA SEORANG SAHABAT

Pagi ini ada SMS dari seorang “met pagi pk, kemarin k dtg ke rmh tp kosong, hr ini sy blh main“. Sore kemarin, saya dan istri keluar. Kami pergi membeli daging burung belibis  selingan kesukaan kami. Kami biasa goreng sendiri setelah televisi menyiarkan bahaya menggunakan minyak goreng bekas. Para pedagang gorengan biasa mengunakan minyak  bekas yang diputihkan  dengan  zat kimia berbahaya.  Ketika kembali istri saya mengatakan pasti ada orang yang sudah masuk halaman, karena posisi kunci sudah berubah. Dan benar teman saya pernah datang ke rumah.

Pagi-pagi dia sudah datang sebelum saya buka SMS. Saya masih mengenakan sarung dan belum mandi.  Dia merasa sangat dekat dengan saya, dia juga datang hanya bercelana pendek.  Saya bilang padanya, maaf saya mandi dulu. Dan dia saya biarkan baca harian Kompas.

Teman saya Petrus, ketika menjadi seorang tenaga kerja tanpa ijin alias illegal di Korea dia dipanggil Pedro. Saya bertemu Pedro di Muji Sangga, sebuah Rumah Singgah TKI di kota Changwon,  dekat  bandara  Kimhae tak jauh dari Busan.

Teman saya ini baru beberapa hari lalu dioperasi usus buntu. Dia juga sempat memperlihatkan bekas torehan pisau bedah dengan bekas jahitan yang baru saja sembuh. Saya sedikit risih melihat bekas luka operasi. Terasa ngilu sendiri kulit badan saya. Operasi berkaitan dengan uang. Dan dia mgatakan bahwa uangnya yang disiapkan untuk kembali ke Korea sebagai TKI terpaksa dipakai. Pedro sudah mendaftarkan diri menjadi calon TKI di Korea. Dan namanya sudah terdaftar TKI siap kirim (Sending). Tinggal tunggu ada majikan di Korea yang siap memberikan visa.

Pedro minta ijin menggunakan komputer dan internet di ruang kerjaku. Ketika saya diminta mengetik situs, dia mengeluh tidak bisa baca dengan jelas. Maklum pengelihatannya memang kurang normal dan hari ini dia seperti biasa membawa sifat lupa. Dia tidak membawa kacamata.  Saya jadi ingat, perkenalanku dengnan Pedro gara-gara kacamata. Ketika pertama kali saya tiba di Changwon, saya berjumpa dengannya di Rumah Singgah (Worker House). “He kamu lihat nggak kacamata saya?” Dia dengan agak terhuyung-huyung menunjuk jari kepada saya. Karena saya tidak kenal kepribadiannya, saya merasa agak tersinggung. Dalam hati saya menggerutu, ini anak mana kurang ajar begini. Anak kecil pake panggil saya dengan he he segala kaya binatang.  Sekejap saya tahan emosi. Ada seorang TKI lain menenangkan saya, maaf dia memang begitu. Saya berusaha menurunkan amarahku yang sempat naik ke titik didih.

Kami kemudian menjadi akrab dan saya berusaha untuk lebih menerima dan mengertinya. Berdua akhirnya mencari kacamata. Kami ke toko kacamata dan dia membeli kacamata sambil minta pendapat saya. Sejak pertemuan itu dan lebih lagi sejak  membeli kaca mata, dia kelihatan semakin percaya diri dihadapan teman-temannya. Dan terkadang dia juga berani beda dalam berpakaian. Karena dia juga saya akhirnya mengenal gereja Katolik disana. Saya malah menjadi Lektor, bahkan pernah diminta berkotbah. Pedro dalam kesahajaannya ternyata banyak menolong saya selama beberapa bulan berkelana di Korea.

Pedro siap lagi ke Korea. Dia meminta saya menghubungi teman-teman di Korea agar bisa segera mendapat perusahaan pengguna tenaga kerja. Sambil menunggu dia tak lupa minta dicarikan tempat kerja sementara. Untuk dua hal itu sedang saya usahakan. Urusan informasi ke Korea mungkin mudah walau belum tentu berhasil. Saya cuma bisa kirim e-mail. Tetapi urusan cari kerja sementara pasti tidak mudah karena berbagai pertimbangan bagi para bekas TKI di luar negeri.

 

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

