MENGISI TANKI DAN MENGISI WAKTU

Malam itu saya mengunjungi kenalan pastor dari Flores di rumah singgah biara SVD di Matraman Raya Jakarta.  Sekitar jam 9 malam datang pastor Yan Jawa SVD, dia pastor paroki St. Joseph bersebelahan dengan rumah singgah. Dia membawa beberaipa dos makanan kecil pemberian umat tempat dia mempersembahkan misa.

Saya tidak pernah lupa kejadian malam itu. Sambil membuka dos kue, dia mengeluh habis waktunya. Dia merasa tak ada waktu lagi. Saya harus isi tanki katanya. Artinya dia harus membaca. Semua waktu hanya habis untuk bicara saja. Dia merasa haus dan lapar akan wawasan baru, yang hanya bisa dapat dengan membaca.

Ketika kami masih jadi anak asrama di Ledalero, pater Fritz Braun SVD memarahi kami. Bersama teman kami menunggu beliau untuk pergi mengukur pipa air. Kami diminta bantuan untuk memikul alat ukur ke gunung yang oleh para frater disebut Monte Video (Saya melihat dari gunung). Memang dari tempat yang tinggi ini kami bisa melihat kampung-kampung di bagian lain wilayah itu termasuk kota Maumere.  Pater Fritz Braun SVD, salah seorang Jerman yang juga menyandang  gelar bangsawan von.  Mengapa kamu membunuh waktu, katanya. Coba hitung kamu 4 orang kali masing-masing  30 menit adan berapa menit kamu buang. Jangan buang waktu,  isi waktu dengan membaca. Lalu kami diberikan beberapa majalah.  Orang Indnesia memang masih kurang memiliki semangat baca.  Waktu harus diisi dengan membaca untuk menambah wawasan baru. Membaca seperti kata pastor Yan Jawa, SVD ibarat mengisi tanki. Kalau tanki berisi minyak maka yang dikeluarkan adalah minyak.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s