KETIKA SEMUA JALAN SUDAH TERTUTUP

Judul posting ini saya ambil dari sebuah buku terbitan Obor, karangan Heri Kartono,OSC.  Saya belum baca buku Kisah Nyata Kesaksian Iman  ini. Saya tertarik membeli buku yang dijual di sebuah tenda di depan Gereja St. Aloysius Cijantung.  Setiap kali membeli buku saya melihat judul dan pengarang. Saya juga memperhatikan nama penerbitnya. Tidak semua tulisan dapat diterbitkan oleh Penerbit ternama. Jadi ada jaminan isi dan juga redaksionalnya.  Yang paling menentukan saya membeli buku adalah berbagai kata pengantar di belakang atau punggung buku. Dan saya beli buku ini karena tertarik dengan komentar di punggung buku.

Ketika Semua Jalan Sudah Tertutup menurut pemberi komentar di punggung buku adalah kisah dan kesaksian pergulatan hidup manusia yang sangat berat.  Dan menurut Ir. Salahudin Wahid, pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng, setiap pemeluk agama yang menjalani kehidupan dengan berdasar pada ajaran agamanya, akan memperoleh sumber kekuatan. Artinya masih ada jalan yang terbuka karena merasakan kehadiran Allah dalam kesulitan hidupnya.

Hari ini ada misa dengan tiga orang konselebran atau misa konselebrasi. Misa dengan beberapa imam secara bersama-sama. Ada seorang imam bekas pastor paroki kami, kali ini datang untuk mencari dana pembangunan gereja mereka, Gereja Kristus Raja di Pejompongan, Jakarta Pusat yang sedang direnovasi. Selain pastor paroki kami, ada pastor ketiga. Dia datang berkunjung ke gereja kami. Karena di tempat ini, pastor tamu  tersebut pernah beberapa bulan tinggal di paroki kami.

Pastor tamu dari pedalaman Kalimantan Timur ini punya pengalaman luar biasa. Ketika enam orang dokter memberi vonis bahwa dia tidak bisa tertolong dia datang ke Cijantung. Kata pastor tamu tadi, bahwa setiap hari dia mengalami perdarahan sangat banyak sekitar tiga mangkuk. Harapan hidup sangat tipis. “Namanya orang kepepet”, saya lalu datang ke Cijantung. di tempat kami ada seorang pastor penyembuh, yang adalah Romo Rochadi Widagdo, Pr. Romo tersebut hari ini juga ikut misa dalam rangka pencarian dana pembangunan gereja.

“Satu saja permintaanku Tuhan, berikan saya kesempatan untuk merayakan ulang tahun tahbisan imam sekali saja. Sesudahnya terserah pada Tuhan.”  Pada akhir Misa Romo yang mengalami penyembuhan memberikan kesaksian, bahwa pada hari raya Jumat Agung, hari dalam pekan suci dia mengalami penyembuhan. Sampai hari ini sudah 10 tahun setelah kesembuhan mengerankan itu, dia mengatakan pada orang tuanya bahwa mereka tidak usah sedih kalau Tuhan akhirnya memanggilnya. Karena dia sudah mendapat bonus anugerah kehidupan luar biasa selama 9 tahun.

Ketika semua jalan tertutup, janganlah putus asa. Ketika hidup itu berat dan kelam seperti tidak tertanggungkan, juga termasuk manakala penyakit yang di mata manusia dan para ahli tak tersembuhkan, Tuhan adalah tempat anda berlari. Kita memang terkadang merasa kepepet ibarat menghadapi tembok, tak ada lagi tempat berlari. Semua jalan sudah tertutup. Tuhan akan membukakan jalannya.

Menurut Romo Rochadi Widagdo semuanya harus dengan doa. Melalui doa kita bisa mendapat kesembuhan. Pertolongan datang dari Tuhan melalui doa.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

5 Responses to KETIKA SEMUA JALAN SUDAH TERTUTUP

  1. situsonline says:

    Hanya doalah yang bs mendekatkan diri ini kpd Tuhan,tak bs deh jumpa langsung bs bisa diri ini terbakar.

  2. semoga doa kita sehari2 yang selalu kita panjatkan kepada-Nya terkabulkan, amiin.

  3. Tanagekeo says:

    Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar…

  4. Dwi says:

    Saya sedang mengalami hal ini, sungguh sulit. Semua tertutup.

  5. SISKA LEORA says:

    VERY URGENT !!!!!!! LEE SIEN LEONG + HO CHIN ( PERDANA MENTERI SINGAPORE ) AND ORANG LAIN MEMBUAT DUKUN KEPADA SAYA SEKARANG DAN FOREVER !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    ROMO ,

    I WANT TO REPORT above persons make magic for me now make
    :
    – my head very hurt large – INI SEKARANG SAKIT ROMO , KATA MEREKA SELAMANYA !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    – sakit maag
    – make moustache
    – wear hat
    etc

    every second for 7 years until now .

    PLS KINDLY REALLY HELP TO KILL THEM NOW AND OTHER PEOPLE .

    REALLY THANK YOU VERY MUCH ROMO

    BEST REGARDS
    amura

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s