BERBOHONG DAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Pagi ini saya ditelepon oleh seorang teman asal Bali, yang sedang berada di Jakarta.  Ketika dia menanyakan posisi saya, saya spontan mengatakan saya sedang di kantor.  Pada hal saya berada di rumah.  Saya langsung berbohong karena ingin hindari pertemuan dengannya.

Seorang teman yang sedang saya antar ke Bandara Soekarno Hatta mengatakan bahwa dia sudah di Bandara tetapi lagi berbicara dengan teman. Saya yakin teman bicara sambil menoleh sana sini mencari tahu keberadaannya. Kenyataan kami masih sangat jauh dari Bandara dan terjebak macet luar biasa.

Isteri saya sering menelpon menanyakan posisi saya dalam perjalanan. Saya juga sangat sering berbohong mengatakan keberadaan saya yang sebenarnya.

Berbohong menjadi jauh lebih sering dan mudah dilakukan sejak ada telepon genggam. Ternyata teknologi komunikasi ini berkontribusi cukup besar pada perobahan tingkah laku manusia.  Dan sejak ada telepon genggam saya lebih banyak berbohong. Bagaimana dengan anda?

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s