GUDANG TERIPANG DI KUPANG

Sabtu tanggal 12 Februari 2011, saya bertemu Pak Joe Maeng Sik. Dia berasal dari Korea.  Seorang memperkenalkan saya kepadanya. Bisnisnya adalah membeli dan menjual teripang (sea cucumber).  Mungkin karena bentuknya mirip timun, maka dalam bahasa Inggeris disebut timun laut (sea cucumber).  Kata teman-teman saya dari Korea, teripang bisa dimakan mentah seperti ikan (suhie/shasi).  Pergaulan  dengan orang Korea lebih dari 20 tahun membiasakan saya  makan ikan, udang dan gurita dalam keadaan mentah.  Pertama kali saya makan udang (lobster)  mentah ketika berada di Jepang. Saya menikmatinya sambil menahan niat untuk memuntahkannya. Tetapi sekarang sudah jadi biasa. Kemudian urusan makan anak gurita mentah, masalahnya daging gurita suka lengket pada langit-langit.  Ala bisa karena biasa. Dan saya sudah biasa pula sambil meneguk soju (minuman Korea).

Ketika  di pulau Kei,  saya menyaksikan laut disekitarnya kaya akan teripang. Pantai-pantai di Kei sangat landai, sehingga  air surut sangat jauh dari bibir pantai. Maka dengan mudah orang bisa memungut teripang.  Saya tidak memiliki pengetahuan cukup tentang pantai dan laut di NTT. Walau ini adalah tempat tumpah darahku. Tetapi orang Korea begitu berminat untuk membangun sebuah gudang  teripang di Kupang.  Mengingat persediaan teripang di wilayah NTT terbatas,  maka akan di beli dan dikumpulkan dari wilayah lain.  Kupang dijadikan transit sebelum dikirim ke luar negeri.

Teripang yang menjadi mainan disepak, dipencet airnya ternyata punya nilai ekonomis karena dapat dimakan. Teripang kering  direndam dalam air, dipotong-potong kemudian dimasak.  Semoga niat baik teman dari Korea ini memberikan lapangan kerja bagi warga NTT.

<p

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to GUDANG TERIPANG DI KUPANG

  1. chintya fransiska says:

    mau nanyak emang benar di sana masih banyak teripang? …ini dari babel NTT nya kabupaten mana?….

Leave a Reply

