INI CINCIN KAWINKU

Ketika itu perusahaan mengirim saya sebagai wakil untuk mengikuti promosi dagang Indonesia yang dilakukan oleh Badan pengembangan Ekspor Nasional (BPEN).   Malam itu aku keluar kamar hotelku. Saya menuju sebuah night club. Terus terang saya belum miliki pengalaman di dunia malam. Saya memasuki satu night club di kota Nagoya, sebuah kemewahan yang baru. Saya tidak biasa menari atau dansa.

Setelah membayar booking fee, saya  mendapat satu teman wanita mendampingi. Seorang wanita pendamping menemani saya minum. Setelah agak lama berada dalam ruang itu, si wanita memberikan saya sebuah cincin. Dia memasang sendiri di jari manis saya. Baik amat ini perempuan, pikirku. Tetapi saya langsung bilang sorry,  saya tidak bisa memberikan cincin kepada anda. Ini cincin kawinku. No, problem kata gadis bar itu.  Tak berapa lama dia berpindah minum di tempat lain. Saya sedikit marah, karena ternyata dia pergi dansa sama lelaki lain. Ketika dia kembali, saya meluapkan rasa sebal. Hei, kenapa kamu tinggalkan saya seorang diri, dan kamu pergi dansa dengan orang lain. Wanita bar itu dengan enteng menjawab, tadi sudah saya kasih cincinku. Ini tandanya saya tetap bersama kamu. Saya berusaha pahami. Setelah saya membayar bon dan ingin pulang, dia meminta kembali cincinnya. Ini cincinmu, kataku. Lain padang, lain belalang. Lain bangsa lain pula adatnya.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to INI CINCIN KAWINKU

  1. Cincin Kawin memang mempunyai arti sendiri ya dalam sebuah hubungan pernikahan..
    jangan ditukarkan om..hihi

Leave a Reply

