NAGEKEO MENCONTOHI BALI MEMBENDUNG GERUSAN OMBAK

Nunu  (beringin) dan Kepi (sebuah kerang besar  bagi saya adalah suatu yang istimewa. Beringin besar di bibir pantai laut Sawu menghadirkan kesejukan luar biasa. Para pejalan kaki mengasoh dan berteduh di tempat ini. Teristimewa pada hari Sabtu para pejalan kaki yang kembali dari Maunori memanfaatkan tempat ini untuk beristirahat. Pohon rimbun ini juga merupakan rumah dan juga tempat cari makan berbagai jenis burung.  Akar-akar gantung kami jadikan tempat ayunan.  Beringin itu sudah tidak ada, karena memang dibakar orang kurang waras. Tetapi yang paling disayangkan adalah bibir pantai tempat tumbuhnya beringin, ketapang, pandan bahkan kelapa dan pisang sekarang sudah tidak ada.  Lokasi itu sudah tidak ada lagi. Tanahnya sudah digerus ombak dari laut Sawu yang ganas itu.

Usaha untuk membendung ombak sudah dilakukan di Maunday, ibukota kecamatan Keo Tengah, Nagekeo. Mungkin perlu pemikiran yang lebih serius untuk menghadapi kondisi pantai selatan Flores.  Dari waktu ke waktu hempasan ombak makin mendekat ke batas kampung.

Pemerintah Kabupaten Buleleng, membuat tembok yang lumayan tebal  seperti di pantai wisata Lovina (lihat gambar). Juga pelabuhan lama Buleleng sebelum membuat tembok tebal, ratusan truck batu besar dari darat ditumpahkan ke bibir pantai. Dengan demikian setelah ditembok tidak terjadi penggerusan.

<p

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s