BABI GULING DAN BURAT WANGI

Matahari semakin terik. Angin laut berhembus kencang mengurangi kegerahan. Para wanita dengan busana terbatas lalu lalang tanpa risih sedikit pun. Yang menarik adalah bagaimana melihat mimik para lelaki penduduk lokal. Mereka menatap tajam bagian tubuh para wanita asing, sesekali melengkok ke sahabatnya sambil berkomentar pelan.  Setelah menyelesaikan urusan di Rock Café, saya dan  I Nyoman Nila menuju mobil yang diparkir persis didekat tembok pembatas pantai Kuta. Kami mencari makan siang. Saya minta mencari restoran khas Bali, yaitu babi guling. Selera tidak bisa diperdebatkan. Saya sepaham dengan adik saya Anton Rangga ketika makan babi guling di Bowae, Flores. Walau  masih sering menikmati bedanya sedap babi guling Bali, Anton  dan saya lebih merasakan nikmat dan terpuaskan dengan potongan daging babi Flores. Karena lebih merasakan makan daging (pesa pora). Babi guling yang dinikmati adalah kulit dan cabikan daging serta sayur buah nangka muda.

Ketika akan membayar saya melihat di meja kasir ada sebuah wadah berisi buah apel segar dengan janur dan burat wangi. Burat wangi adalah janur dan kembang. Saya menanyakan pada kasir lelaki kekar berwarna kulit agak gelap dengan kuping bertindih apakah  boleh makan buahnya. Dia mengatakan hanya boleh untuknya.

Di setiap tempat usaha selalu ada sajian khusus sebagai persembahan syukur pada para dewa. Persembahan berupa  buah segar ini bisa dimakan bila telah ada yang baru keesokan harinya. Selalu ada yang diberikan pada para dewa. Orang Bali yang beragama Hindu menjalankan kehidupan penuh ritus. Hidup adalah ibadah sesungguhnya. Hidup adalah waktu untuk bersyukur. Hidup adalah aktivitas untuk berbagi. Berbagi pada sesama dan pada Penguasa Kehidupan. 

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s