PERUBAHAN TIDAK TERJADI SESAAT

Hari ini tanggal 31 Desember 2010. Beberapa hari ini saya terus saja  berpikir  dan mencari sesuatu yang baru untuk tahun 2011. Bila ada yang baru berarti ada perubahan. Tidak ada yang abadi di bawah matahari, karena sesungguh yang terus berlangsung dan selalu hadir adalah perubahan.

Perubahaan tidak datang begitu saja. Perubahan juga tidak terjadi seketika. Perubahan menyangkut hidup pribadi bergantung dari kebiasaan-kebiasaan harian kita.  Karena kebiasaan harian kita merupakan langkah terbaik untuk terjadinya perubahan.

Secara pribadi saya ingin perubahan itu terjadi. Dan perubahan pasti tidak dengan segera. Hari ini saya berada pada penghujung tahun. Saya pikir bahwa  saya harus mempunyai satu resolusi kehidupan pribadi atau semacam pernyataan komitment saya akan apa yang harus saya lakukan dalam tahun 2011.  Saya pikir tidak usah mulus-mulus. Mulailah sesuatu yang kecil. Ada dua point resolusi pribadi saya.

1. Bangun pagi pada waktunya

2. Menulis satu posting setiap hari.

Kunci utama adalah mulai dengan langkah kecil. Langkah kecil saya adalah   berusaha untuk bangun pagi tepat waktu. Saya mau bangun jam 5.00 pagi. Untuk bangun pagi tepat waktu ternyata tidak selalu mudah. Selalu ada godaan untuk tidur lagi. Saya hanya berharap bahwa kalau saya tetap melakukan ini setiap hari dengan teratur, maka lebih dari 300 hari setahun saya sudah tunduk pada sebuah peraturan.

Terinspirasi oleh WordPress, saya masukkan dalam kebiasaan rutine saya adalah menulis satu Posting setiap hari. Ini sesuatu yang pasti tidak mudah. Karena dengan itu saya dituntut untuk terus menulis sepanjang tahun. Dan untuk bisa menulis berarti saya harus membaca. Karena menulis ada kaitan dengan membaca maka konsekwensinya saya membaca dan menulis setiap hari sepanjang tahun.

Komentar yang ditinggalkan para blogger pada setiap posting pasti sangat dihargai.  Saya dipacu untuk terus berubah dan berkembang dengannya.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to PERUBAHAN TIDAK TERJADI SESAAT

  1. Rosa says:

    Iya, om.. semoga resolusi 2011nya tercapai…saya akan selalu menikamti tulisannya..hehehe..

    oh ya, Selamat Natal dan Tahun Baru , om. Nanti saya main2 ke rumah.

  2. Tanagekeo says:

    Rosa, SELSMAT NATAL DAN TAHUN BARU. Terima kasih terus mengunjungi blog ini. Saya lagi menertibkan diri saja. Kebiasaan yang berulang-ulang akan menjadi habit, Dan kebiasaan atau habit yang berlangsung panjang akan menjadi karakter.

Leave a Reply

