MENSYUKURI KEBERHASILAN DAN MEMAKNAI KEGAGALAN

Kita dapat merencanakan dan melakukan kegiatan macam-macam tetapi pada banyak kesempatan kita melihat ada kaitan antara yang telah terjadi dan kini terjadi.  Siapa pun akan merasa sangat puas, apabila semua yang terjadi sesuai dengan rencana. Sebuah keberhasilan patut kita syukuri. Karena ini pasti menyenangkan dan memuaskan hati kita. Tetapi ada yang perlu kita ingat.  Sukses tidak berdiri sendiri. Sukses berkaitan dengan hasil-hasil sendiri atau juga hasil yang dicapai orang lain sebelumnya. Kegagalan tidak bisa disepelehkan dan dipisahkan dari sukses sekarang.

Pengalaman mengajarkan  berkali-kali bahwa semua yang terjadi kini ada kaitan dengan yang pernah kulakukan sebelumnya. Pertemuan yang sengaja mau pun yang tidak sengaja bisa menjadi berarti dalam kehidupan seseorang. Kegagalan yang mengecewakan kita pada saat peristiwa itu terjadi, tanpa sadar kelak akan memberi kontribusi pada pencapaian kita berikutnya.

Hidup itu kata orang mengalir saja seperti air. Air bisa mengalir pada wadas yang keras dan lancar sampai ke laut.  Cekungan bertanah lumpur bisa membuat air tanah terkumpul dengan lumpur. Air akan terus mengalir. Melalui lumpur dan pasir air terus menyerap lebih dalam dan terus mengalir. Air hasil endapan yang terus mengalir ternyata menjadi air yang jauh lebih jernih. Pasir dan kerikil dalam cekungan mempunyai peran untuk memperoduksi air bersih.

Jangan menyepelekan setiap langkah kita yang telah lalu. Saya masih ingat seorang supervisorku Ibu Leihitu ketika kami bekerja di sebuah perusahaan batik Iwan Tirta.Saya disuruh memeriksa bon-bon toko dengan catatan pembukuan. Sebagai bukti bahwa kita telah periksa, semua yang telah diperiksa harus diberi tanda. Harus ada jejak bahwa kita telah melaluinya. Kesalahan memasukkan bon-bon dalam pembukuan akan mempengaruhi hasil akhir penjumlahan.

Setiap jejak langkah yang telah kita lalui turut  mempengaruhi hasil kita yang sekarang. Ada kontribusi pada hasil atau sukses kita saat ini. Lakukan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya, naikkan standar pemikiran dan penilaian kita, agar kita selalu digeret maju dan terus berlangkah ke depan. Apa pun yang terjadi entah itu memuaskan atau mengecewakan, jangan sekali-kali menyepelehkan itu, karena semuanya tersirat makna.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s