MBUKU SUKI NGONGO BHOKO

Mbuku adalah buku pada bambu yang membatasi ruas.  Ngongo adalah salah satu ruas bambu yang dibuka pada ujungnya dan membentuk tabung terbuka. Ngongo peri (ruas terbuka bambu).  Suki artinya tutup atau tertutup. Bhoko artinya pendek. Jadi Mbuku suki (ruas bambu yang tertutup) ngongo bhoko (tabung terbuka yang pendek).

Ungkapan mbuku suki ngongo bhoko sebuah ungkapan dalam bahasa Nagekeo untuk  menjelaskan suatu kondisi yang masih tertutup atau belum terbuka untuk memahami berbagai permasalahan. Ngongo bhoko berarti tabungnya masih pendek, yang terbuat dari bambu muda yang belum tua.  Mbuku suki ngongo bhoko dikenakan pada orang muda desa. Secara positif adalah sikap orang dewasa yang berusaha memahami kaum muda. Bila ada kesalahan mohon dipahami dan dimaafkan karena memang mereka adalah mbuku suki ngongo bhoko. Secara negatif muncul dalam kemarahan para mosadaki (pemangku adat). Mereka tidak menghendaki anak muda yang temparemen dan belum matang turut bicara dan mencela pembicaraan adat.  Kaum tua-tua adat dalam rangka melindungi tertib adat menjadi tertutup  dan suka menolak pemikiran anak  muda. Karena itu tidak heran dalam hampir semua temu adat tidak semua dapat kesempatan bicara. Sebuah gambaran demokrasi tertutup, terkungkung dan dibatasi. Karena semua yang  mereka lakukan harus ikut melestarikan atau  menjaga apa yang telah diwariskan (tradisi).

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in ADAT & BUDAYA and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s