WOE TA’I LONGO SAHABAT TAHI KAMBING

 

Kambing piaraan di samping rumah orang Aeramo, Mbay.

Pada jaman nabi Isa, manusia baik diibaratkan dengan benih gandum, sementara manusia jahat diibaratkan dengan ilalang. Mencabut rumput ilalang ditengah bibit gandum perlu kehati-hatian yang ekstra. Juga ada perbandingan domba dan serigala.  Di tempat lain Yesus juga menyinggung tentang menggarami dunia.  Gandum, ilalang pasti mudah ditemui dalam kehidupan petani gandum. Garam juga begitu akrab dengan kehidupan para nelayan penangkap ikan. Mereka harus mengawetkan ikan dengan garam. Garam juga merupakan salah satu dari bumbu masak. Yang dipilih untuk bahan pembanding adalah segala sesuatu yang ada dan dialami pada jaman itu. Karena penyedap roiko atau masako atau mitsin belum ada, kosa kata ini tidak digunakan.

Orang Nagekeo khususnya orang Keo Tengah di Flores punya pengalaman hidup yang berbeda. Mereka terbiasa dengan kehidupan kambing, kuda,  kerbau atau babi. Ini yang berada disekitar mereka. Yang menarik bagi saya adalah orang Nagekeo memperhatikan kotoran yang keluar dari dubur binatang-binatang itu.  Pengetahuan sederhana itu dipahami oleh semua orang desa termasuk  yang punya  tingkat kecerdasan terbatas.  Siapa saja bisa membedakan tahi sapi, kerbau atau tahi kambing. Tahi kambing itu kalau keluar dalam bentuk bola-bola kecil yang tidak lengket satu sama lain.  Orang Nagekeo, khusus Keo Tengah selalu bilang “mae woe ta’i longo” (jangan bersahabat kaya tahi kambing). Sebuah sikap yang dijauhkan. Sahabat baik adalah sobat yang kental, sobat yang menyatu. Jangan sobat yang selalu mengatur jarak dan tidak saling berhubungan seperti bulatan-bulatan tahi kambing (ta’i longo). Hindari wo’e  (sahabat)  seperti ta’i longo (tahi kambing).

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s