BAYAR KENCING DI WATUJAJI

Hidup di kota memang tidak mudah.  Begitu keluar rumah, kita mengeluarkan uang.  Membeli makanan masih dapat dipahami. Naik mobil harus membayar bensin. Baru duduk di kursi saja sudah bayar, karena begitu duduk argo taksi menunjukkan angka rupiah pertama dan terus bergerak. Yang paling mengherankan  ketika membuang air besar dan bahkan air kecil (WC) harus bayar. Itu cerita bapa saya ketika kembali ke kampung setelah mengunjungi kami anak-anaknya di kota.

Saya menunggu orang dan memarkir kendaraan suatu pagi di terminal Watujaji,  di luar kota Bajawa. Di terminal hanya satu bangunan sederhan buat berteduh. Tidak banyak kendaraan disana. Maklum ini di Flores, belum ramai. Kendaraan masih terbatas. Terminal tidak menjadi tempat naik turunnya penumpang, tetapi hanya menjadi tempat singgahan seperti jembatan timbang.  Ada petugas yang memungut uang di tempat ini.

Ketika  menunggu seorang di luar terminal, saya bingung mau buang air dimana. Saya memberanikan diri mendatangi satu rumah dekat terminal.  Sambil menengok kiri kanan, saya mohon ijin menggunakan kamar kecil. Seorang ibu mengarahkan saya ke sebuah pojok berdinding anyaman bambu. ada lubang kecil untuk buang air. Ada ember berisi air dalam jumlah terbatas.  Saya membuang air di ruang tersebut dengan rasaa tidak nyaman, karena agak berlubang. Ketika saya keluar, ibu tadi sudah berada di depan pintu rumahnya. Dia menunggu bayaran Rp. 1000.  Untung bapa saya sudah meninggal dunia. Kalau tidak dia bakal lebih heran lagi orang Flores harus punya uang untuk kencing dan berak di tanahnya sendiri Flores.

<p

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

