MAUNORI PASAR TERTUA DI WILAYAH SELATAN NAGEKEO

Maunori sebuah kampung kecil di wilayah Kecamatan Keo Tengah, Kabupaten Nagekeo, pulau Flores. Saya kebetulan dilahirkan di kampung ini. Waktu saya dilahirkan sebahagian besar rumah masih berbentuk keka (pondok). Karena orang-orang yang berdiam di Maunori berasal dari kampung induk di Nuamuri.  Sejak tahun 1940an sudah ada pasar yang sangat dikenal di kabupaten Ngada, yaitu pasar Maunori.  Pasar sepekan sekali pada hari Sabtu, Maunori merupakan pasar tertua di pantai selatan Kabupaten Ngada. Setelah ada pasar Maunori pada hari Sabtu, kemudian muncul pasar Mauponggo. Pasar Mauponggo pada hari Senen,  berdiri setelah Mauponggo menjadi ibukota kecamatan.  Pasar Nagaroro muncul  setelah ada pasar  di Mauponggo . Pasar Nangroro  diawali dengan berpindahnya sejumlah petani dari wilayah Riti  Dongga yang berkebun di sekitar ini.

Sempat ada ide membuka pasar di Watungggeha pada hari Selasa. Pada saat itu tanah di Kedipopa masih sangat subur dan menghasilkan banyak ubi-ubian dan labu.  Pada musim panen buah labuh berlimpah dari gunung Kedi popa. Sejumlah pedagang asal Numba dan Ende yang berada di Daja menggagas ini. Saya masih ingat ada beberapa pedagang kain di Daja salah satunya Haji Ahmad Isya dan Mohamad Yunus (Yunus Ngguwa). Para nelayan juga memanfaatkan pasar ini untuk menjual ikan. Sayang pasar Daja di Watunggegha ini tidak bertahan lama. Yang terus bertahan adalah pasar Maunori, Mauponggo dan Maumbawa.

Maumbawa saat ini sudah tidak punya lokasi yang memadai untuk pasar. Kalau dulu hanya beberapa rumah, kini hampir tidak ada ruang kosong., karena sudah dipadati rumah-rumah penduduk, yang sebahagian besar adalah pendatang.  Di sepanjang jalan di pinggir pantai dihuni para pedagang  membuka kios menyatu dengan  rumah tinggal.   Pasar Maumbawa sekarang sudah bergeser ke arah timur, yaitu di wilayah Mauneke. Dengan adanya pemekaran wilayah, maka pasar Maumbawa praktis tidak lagi berada di wilayah kabupaten Ngada. Yang ada adalah pasar Mauneke yang berada di wilayah kabupaten Nagekeo. Berdasarkan usia pasar sepekan di wilayah kabupaten Nagekeo yaitu Pasar Boawae, Pasar Maunori, Pasar Mauponggo, Pasar Nagaroro, Pasar Mauneke, Pasar Danga  dan terakhir pasar Raja.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s