KARTU EMBARKASI

Ketika duduk di ruang tunggu sebelum naik peswat, saya lihat seorang ibu muda tinggi besar berbaju hitam berbisik pada seorang bapak usia diatas enam puluh tahun disampingnya.  Mereka kebingunan. Di tangan wanita ada passpor dan beberapa lembar kertas berupa borading pass dan kertas imigrasi yang harus diisi.  Tak lama kemudian dia mencari bantuan dari petugas bandara.

Setiap orang yang mau pergi ke luar negeri pasti mendapat formulir isian untuk keperluan imigrasi  dua negara.  Karena saya ke Singapura maka saya mendpatkan satu formulir data pribadi untuk keperluan imigrasi Singapura. Sementara saya karena orang Indonesia, saya mendapat kartu yang berisi data pribadi saya. Semua formulir sejenis ini harus diisi data yang sama  pada dua halaman. Data kita akan diambil imigrasi Indonesia pada saat kita akeluar dan meliwati imigrasi Indonesia. Dan bila kita pulang sobekannya akan diambil lagi sebagai bukti kita telah masuk Indonesia. Ini namanya kartu embarkasi.

Saya masih ingat teman-teman saya orang Korea yang ingin bekerja dan menetap di Indonesia melalaikan kertas kecil ini. Mereka  kebanyakan orang yang baru pertama kali keluar negeri dan bekerja di Indonesia. Kertas ini juga diperlukan pada proses imigrasi pada saat urusan Kartu Ijin Tinggal Sementara (KIMS/KITAS).  Pada pengamatan saya saat menunggu di Bandara ada yang sama sekali tidak tahu dan bahkan tidak bisa mengisi data sendiri. Maklum banyak orang kita urusan Kartu Penduduknya selalu suruh orang lain. Sebaliknya saya melihat beberapa wanita asing dan bapa-bapa yang sudah tua mengisi sendiri formulir serupa.  Ingat itu semua kemarin saya minta pramugari boleh mendapatkan formulir serupa yang masih blanko.  Siapa tahu ada kerabat saya yang mau keluar ngeri bisa tertolong dengan informasi seperti ini.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

