EMA KAO DARI MAUROMBA

Anas Eo bidan desa, dukun beranak dan ema kao sejati yang selalu menyapaku Tali

Setiap kali pulang kampung saya selalu berjumpa dengan ema kao. Ema kao adalah panggilan untuk kaum ibu sepupu bapa maupun  mama. Ema kao bisa berarti bibi atau tanta. Panggilan ema kao (ibu gendong) menggambarkan sebuah keakraban dan juga hormat seorang anak kepada wanita kerabat orang tua yang berjasa.  Orang orang yang dipanggil ema kao sesungguhnya berjasa dan patut dihormati. Masa kecil kami tidak sepenunya bergantung pada orang tua sendiri. Tetapi para ema kao ikut terlibat. Sejalan dengan perjalanan waktu para ema kao saya sudah banyak yang telah menghadap Tuhan. Saya ingat ema kao saya Theresia Ude yang baru-baru ini menghadap sang Khalik di Mauromba Nuamuri. Tinggal sedikit ema kao saya yang masih ada.

Ada ema kao yang paling saya ingat, yaitu seorang bidan desa. Sebagai seorang dukun beranak autodidak dia telah membuktikan itu paling tidak kepada kami sekeluarga. Dia yang membantu semua persalinan mama saya. Suatu saat bidan tua itu terlambat menolong mama.  Mama akhirnya tidak tertolong dalam persalinan seorang adik kami yang lebih dahulu merintis jalan menghadap Sang Pencipta berselang beberapa jam sebelum mama.  Kami berpasrah dalam kepedihan hingga kini. Ine kami mona ghewo….dalam kepedihan kami berdoa untuk mu dan  dalam keberhasilan kami bersyukur karena mu. Tetapi ketika kami sadar cintamu  tak terbalas, semuanya terasa sia-sia. Karena kasih sejati adalah memberi. Mama telah melakukan itu termasuk dengan memberi nyawamu. Ine…..

 

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in ALBUM KENANGAN and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s