MOSADAKI TUKA MERE KAMBU KAPA

Mosadaki bukan pangkat tetapi peran seorang dalam masyarakat.  Seorang disebut mosadaki bukan karena usia atau pendidikan serta gelar. Mosadaki adalah sebuah karisma berupa kemampuan-kemampuan istimewa sehingga nampak bijak dalam kata dan laku.  Ketika berbicara orang mendengarkan dan ketika mengungkapkan pendapat dan sikap dijadikan pegangan. Dia memang jadi tempat orang memanut karena  panjang akal dan juga besar kesabarannya.

Tuka mere kambu kapa (usus besar dilingkari  lapisan lemak) adalah sifat yang dimiliki oleh seorang mosadaki yang bijak.  Dalam berbagai pertemuan adat, mosadaki menjadi pemuka dan pendengar yang bijak atas segala macam persoalan masyarakat.  Berbagai suara sumbang yang sering menimbulkan masalah seorang mosadaki menanggapinya dengan dingin dan berusaha mencari solusi menenangkan dan menyenangkan semua pihak. Kesabaran yang luar biasa dan kebijaksanaan dalam mengambil keputusan  yang membuat seorang mosadaki memiliki tuka mere kambu kapa.  Tuka mere (perut besar) yang membuat dia mampu menelan segala makanan termasuk yang pahit dan pedas. Kambu kapa (lapisan lemak) yang menjaga agar tubuh tetap hangat dan kuat menahan lapar  dan kekurangan. siap menghadapi semua masalah.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in ADAT & BUDAYA, Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s