WAKTU DAN KOMUNIKASI

Beberapa hai ini saya merasa sangat tidak nyaman.  Koresponden saya di luar negeri memberikan ultimatum kepada saya dia kasih waktu 72 jam.  Artinya dalam tiga hari pekerjaan saya harus selesai. Hubungan kami bukan majikan dan karyawan. Hubungan kami adalah bisnis murni.  Dalam bisnis ada kepercayaan. Kepercayaan yang dimaksud adalah selain kebenaran juga menyangkut janji-janji. Termasuk janji tepat waktu.  Saya menjanjikan berdasarkan jainji yang saya terima dari pihak relasi saya di Indonesia. Saya sudah sangat stress, tegang sementara partner lawan saya di Indonesia lambat tidak apa-apa. Masih ada esok.

Ketepatan waktu dan komunikasi adalah sangat penting. Kali ini saya tidak bisa menepati waktu. Karena saya tidak memnuhi jenji pada waktunya, maka saya menjadi sangat tidak nyaman untuk berkomunikasi dengan korespeonden saya di Amerika.  Komunikasi tertulis via e-mail saja saya merasa tak nyaman. Dan yang lebih tidak nyaman adalah setiap kali saya buka komputer saya dan masuk salah satu situs akan muncul di sudut kanan bawah tanda orang yang saya takuti itu muncul on line mau omong sama saya melalui Telepon SKYPE.  Bila ada tanda hijau berarti saya bisa menghubungi dan dihubungi. Pada kotak SKYPE akan muncul Kontak dengan nama-nama yang sedang on line bertanda hijau.  Saya tertekan sekali. Dia pasti tunggu berita dari saya untuk bicara dan videocall.  Saya tidak bisa menghidanri. Hari ini saya berusaha menulis satuj e-mail pendek mengatakan masalah pekerjaan itu.

Ya Tuhan…. sulit sekali omong…nggak..omong…omong…nggak….untung tidak ada tokek di rumah. Kalau tidak saya mungkin menanyakan tokek…

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

