Alhamdulillah Dan Mata-Mata Surga

Alhamdulillah adalah ungkapan syukur. Sebuah sikap pasrah menerima segala keadaan sebagai kehendak Yang Kuasa. Dan itu pasti yang terbaik bagi manusia. Jadi sabarlah dan bersyukurlah dengan segala yang kita miliki. Kalau ada pemberian yang banyak katakan saja alhamdulillah. Apabila memperoleh banyak beryukurlah dan alhamdulillah yang terungkap keluar dari bibir orang pasrah.

Sikap pasrah tidak selalu terpuji. Karena orang yang selalu pasrah menerima keadaan tidak memiliki daya juang dan semangat untuk bekerja keras. Tetapi tidak demikian dalam kehidupan orang bergama seperti Ali Ka’o  dari Tonggo  Dia seorang islam sederhana. Tidak pernah neko-neko. Selalu hidup apa adanya. Karena memang kampung halamannya berada di bibir pantai gersang. Hanya hidup dari panen kelapa, yang tidak menentu. Kalau ada tanaman palawija hasilnya lebih sedikit daripada harapan ketika dia bekerja. Terkadang dia melaut dan membom ikan. Dia juga termasuk orang yang ikut merusak habitat ikan dan karang laut.  Tetapi  sebagai orang desa dia harus terus bekerja. Karena kerja adalah cara menyatakan diri sebagai seorang manusia yang bisa mempertahankan dirinya. Apa pun hasilnya Ali Ka’o selalu bilang alhamdulillah. Dan ketika meninggal dunia dia dijemput para malaikat. Karena dia juga melakukan sejumlah dosa termasuk membunuh makluk Tuhan termasuk anak ikan dan trumbu karang Ali dihantar ke neraka. Ali dengan serta merta mengucapkan kata alhamdulillah… Para setan dan kepala setan terkejut. Kapala setan segera perintahkan para setan untuk menggiring Ali ke luar pintu neraka. Usir orang itu keluar dari sini. Dia pasti mata-mata surga…. dan Ali pun digiring ke surga. Alhamdulillah….  Bersyukur selalu dan anda akan dijadikan mata-mata surga. Neraka pasti bukan tempat para mata-mata surga.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s