Ine Tanda Penjaga Lingkungan Orang Mauromba

Di salah satu lembah dari lahan luas kebon kelapa kami ada rumpun bamboo yang sangat luas. Saya masih ingat kami memiliki rumpun bamboo yang luas, mungkin yang paling luas di dua lokasi yang berbeda. Karena itu ayah saya didaulat sebagai ine tanda (pemuka adat yang mengawasi peraturan khusus). Peran ine tanda adalah menerima dan menampung informasi serta menegur orang yang melakukan pelanggaran atas peraturan-peraturan khusus yang berakitan dengan pengawasan lingkungan.  Orang tidak bisa seenaknya mengelola apa lagi merusak lingkungan, meskipun itu adalah tanahnya sendiri.

Ada kearifan lokal di Keo Tengah untuk menjaga dan mengelola lingkungan. Masyarakat diatur oleh ketetapan bersama untuk jangka waktu tertentu. Masyarakat disadarkan untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan. Kelestarian lingkungan selalu dipandang dari seberapa jauh keadaan lingkungan, yang  memberikan gambaran kemakmuran. Ukuran dilihat dari dua jenis tanaman yaitu kelapa dan bamboo. Masyarakat adat mempunyai  peraturan  untuk melindungi lingkungan. Yang dimaksudkan dengan peraturan adalah larangan-larangan bagi warga dalam mengelola lingkungan. Peraturan itu ditetapkan dan dimulai dengan sebuah pertemuan adat yang diadakan di salah satu lokasi terbuka di luar kampung, yaitu sebidang tanah (ku), yang disebut ku tanda. Pertemuan untuk mengadakan penetapan waktu larangan dan mengeksekusi sanksi-sanksi (denda adat) disebut pebhu tanda (perkumpulan untuk menerapkan waktu dimulainya masa menjaga lingkungan. Pertemuan diawali dengan warta atau pemberitahuan untuk mengadakan kapan dan tempat pebhu tanda. Di kampung kami setiap  pengumuman didahului dengan memukul gong besar (nggo mere). Perintah berkumpul disebut beku. Pada waktu pebhu tanda (pertemuan) setiap keluarga menyumbang beras dalam ukuran yang ditetapkan, yang akan dimasak di tempat pertemuan (ku tanda). Lauknya adalah daging babi, diambil dari para warga yang melakukan pelanggaran adat.  Pertemuan pebhu tanda hanya dihadiri kaum lelaki termasuk anak-anak. Kecuali alat masak seperti kuali besar tidak ada alat makan. Piring senduk tidak ada. Piring nasi dibuat dari tempurung kelapa untuk kuah, dan nasi ditampung di daun lontar muda. Daun-daun lontar dari satu pelepah ditekuk dan diikat ujungnya. melengkung seperti alat musik sesando. Senduk dibuat dari batok kelapa. Semuanya serba darurat.

Ada masa orang tidak boleh memanjat kelapa kecuali beberapa pohon untuk keperluan sayuran (nio ae uta). Pohon kelapa yang lain dibiarkan saja berbuah sampai tua, biasanya selama 1 bulan. Pada saat itu orang tidak boleh mengupas buah kelapa, menjemur dan menjual.

 Salah satu tanaman yang paling diperhatikan pengawasan adalah bambu. Untuk menjaga agar tanaman bambu tidak musnah, ada masa semua orang dilarang memotong bambu. Walau ada keperluan untuk pembangunan, selama masa larangan orang berusaha untuk menahan diri dan hanya menggunakan bamboo yang ada. Siapa yang melakukan pelanggaran, memotong bamboo pada masa larangan akan dikenakan sanksi. Sanksi biasa berupa babi besar yang disembelih pada saat akan memulai masa larangan (tanda). Ada dua macam tanda ada tanda nio (kelapa) dan tanda peri (bamboo). Para pengawas peraturan disebut ine tanda.

 

 

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in ADAT & BUDAYA. Bookmark the permalink.

4 Responses to Ine Tanda Penjaga Lingkungan Orang Mauromba

  1. kearifan lokal yang mesti harus selalu diwariskan oleh generasi penerus…

  2. fr. Nus Ndoa says:

    thanx atas info berharga ini

  3. fr. nus. ndoa says:

    thanx, informasi yg berharga buatq

  4. tanagekeo says:

    @fr. Nus, tabe woso sadha mogha ena blog te

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s