Sampah Barang Elektronik di Korea

Barang Elektronik tersusun rapih. Bukan dagangan tetapi sampah. Foto diambil di salah satu jalan di Changwon, kota indah dan paling nyaman untuk pejalan kaki.

Partner bisnis asal Korea Selatan,  pak Ahn In Kyu mengajak saya makan malam di rumahnya, di sebuah apartemen di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Setelah makan kami mencari salah satu tempat minum, menikmati bir sambil ngobrol bisnis di salah satu tempat minum tak jauh dari lokasi. Kelapa Gading menyajikan semuanya. Kelapa Gading yang dahulunya penuh rawa tertutup hijaunya tanaman kangung dan  jadi tempat resapan air, kini  telah disulap menjadi kebun beton warna-warni penuh pesona, pemandangan kota paling mutakhir di Jakarta. Yang menarik di wilayah ini adalah tidak Nampak para gelandangan dan peminta-minta di jalan.

 Ketika di rumah teman saya ada sebuah TV baru berlayar datar berukuran besar. Saya menanyakan mana yang lama. Sudah rusak dan dibuang, kata pak Ahn. Membuang barang di apartemen hanya dengan masukkan saja sampah  kedalam sebuah ruangan khusus yang sekali waktu diturunkan untuk dibuang. Orang Korea biasa membuang barang-barang elektronik rusak. Mereka tidak pernah mau repot dengan mencari tukang servis alat elektronik.

Kalau kita berjalan-jalan di kota-kota di Korea Selatan, ada tumpukan barang-barang eletronik, seperti pajangan dagang sangat rapih di pinggir jalan (lihat foto). Barang-barang itu bukan barang dagangan. Tetapi adalah barang-barang yang sudah tidak terpakai, karena ada kerusakan. Ada beberapa tenaga kerja asal Indonesia mengambil barang-barang itu teristimewa televisi. Dengan sedikit kotak-kutik sudah bisa dimanfaatkan buat menikmati berita dan nonton sinetron. Maklum anak Indonesia terkenal trampil dan ulet.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s