Waspada Membeli Kapling Murah

Menjual tanah luas tidak mudah. Oleh karenanya ada yang menawarkan tanah dengan ukuran kecil berbentuk kapling. Menawarkan tanah kapling dengan cara cicilan murah akan lebih mudah lakunya. Bagi pembeli berkocek terbatas ini kesempatan baik. Dia bisa mencicil dengan harga dalam batas kemampuannya. Penjual mudah mendapatkan pembeli.

Awal manis tidak selalu happy ending dalam beli kapling ini. Setelah semuanya sudah lunas, ada keinginan memiliki sertifikasi hak milik. Banyak orang kecewa karena ternyata permohonan sertifkat tanah tidak pernah bisa keluar. Pengurusan sertifikat hak miliknya seperti diabaikan. Pembeli seakan masih berdiam di lahan milik orang lain. Pembeli atau pemilik kapling tidak bisa memanfaatkannya sebagai jaminan bila perlu untuk kredit di bank.

Mengapa proses pembuatan sertifikat bermasalah? Kalau dikatakan masalah sebenarnya tidak ada, karena semuanya masih ada dalam sertifikat induk. Yang menjadi soal adalah dimana sertifikat induknya? Penjual atau pemilik lahan tersenyum dan bertahan dengan janji-janji akan diproses. Tersenyum sebagai bukti keramahan salesman, yang harus selalu ramah melayani pelanggan. Tersenyum karena mereka juga menikmati hasil dari kepemilikan sertifikat induk. Mereka masih menikmati hasil dari sertifikat yang dijadikan jaminan kredit di bank. Sampai kapan menunggu? Sampai penjual atau pemilik mengembalikan uang kredit. Sang pembeli terus menahan kesal sementara penjual menikmati keuntungan ganda. Penjual, yang umumnya adalah perusahaan pengembang (developer) memperoleh uang dari pembeli kapling, juga menikmati fasilitas bank. Bila semua cicilan lunas, berarti penjual menikmati kucuran dana bank dengan jaminan milik orang lain secara pro deo.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in TANAH. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s